Enam Belas Desa Ditetapkan Sebagai Kampung KB

     Rantauprapat, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, mencanangkan 16 desa sebagai kampung keluarga berencana untuk meningkatkan kulaitas hidup masyarakat.
Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, di Panai Hulu, Kamis,  memgatakan, Kampung KB merupakan inovasi strategis memberdayakan masyarakat dalam pembangunan daerah.
Hal itu merupakan peran penting pemerintah dalam tanggungjawab di sektor sosial. “Pencanangan kampung KB serentak sebanyak 16 Desa,” katanya.
Pangonal menilai, permasalahan sosial perlu perhatian khusus, untuk itu pihaknya telah memiliki kampung KB di 9 Kecamatan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selanjutnya, Kementrian Desa akan menambah program Nawacita tersebut dalam mendukung pemerintahan Jokowi JK di Kabupaten Labuhanbatu dengan kriteria sasaran desa tertinggal dan terpencil.
Menurut dia, upaya pembangunan masyarakat itu dapat terwujud dengan dukungan elemen masyarakat dan pemerintah daerah melalui analsis persoalan kependudukan di daerah.
Pengembangan Kampung KB mengusung tersedianya pos terintegritas yakni, Posyandu, Paud, bina keluarga dan dapat memanfaakan dana desa untuk pelayanan kepada masyarakat.
“Terutama yang memiliki balita, selain itu dibutuhkan dana yang akurat tentang kondisi Desa,” kata Pangonal.
Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Labuhanbatu, Lidiyawati Harahap, menyampaikan kampung KB merupakan implementasi membangun Indonesia dari pinggiran dalam kerangka negara kesatuan.
Daerah yang dicanangkan sebagai kampung KB yakni, Desa S 1 Aek Nabara, S2, S4, S5, N1, N8, Emplasmen A N, Tebing Tinggi Pangkatan, Perk Bilah, Selat Besar, Sei Pelancang, Sei Tawar, Sei Baru, Meranti Paham dan Wonosari.(anjas)

Leave a Reply