Enam Mahasiswa Unja Ikuti PPL Asean

    Jambi, jurnalsumatra.com – Sebanyak enam mahasiswa Universitas Jambi (Unja) akan mengikuti program Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) ASEAN di perguruan tinggi Thailand dan Filipina.
“Sebanyak enam mahasiswa Unja akan dikirim ikut program PPL ASEAN ke Thailand dan Filipina, Unja juga akan menerima enam mahasiswa dari kedua negara itu,” kata Koordinator PPL ASEAN dari UPT Layanan Internasional Unja Rahmalia di Jambi, Jumat.
Ia menyebutkan, program PPL ASEAN itu baru pertama kali diikuti oleh mahasiswa Unja. Secara umum pelaksanaan PPL ASEAN yang difasilitasi oleh Kementerian Ristekdikti tersebut sudah memasuki sesi kelima.
Program tersebut selaras dengan visi misi Unja di bawah kepemimpinan Rektor Prof H Johni Najwan SH MH PhD untuk menjadikan Unja sebagai perguruan tinggi berkelas dunia dengan merintis berbagai upaya memperkuat jaringan dengan perguruan tinggi di luar negeri baik dalam program kerjasama  akademik, penelitian maupun kerja sama lainnya.
Sementara itu pelaksanaan PPL ASEAN yang akan diikuti oleh enam mahasiswa Unja itu dimulai pada 20 Januari hingga 19 Februari 2018. Pengiriman mahasiswa itu yakni satu mahasiswa ke Thailand dan lima ke Filipina.
Mahasiswa yang berangkat, kata Rahmalia yakni dari Fakultas Science, fisika biologi, matematika dan pendidikan ekonomi.  Sedangkan mahasiswa dari kedua negara itu masing-masing dua dari mahasiswa Thailand dan empat dari Filipina, masing-masing mahasiswa prodi matematika dan ekonomi.
“Selama program ini, mereka akan melakukan pengenalan dan sharing pendidikan di masing-masing perguruan tinggi tujuan, cara mengajar dan juga pemantapan Bahasa Inggris,” katanya.

    Program yang bertitel “Theacher Project” itu, kata Rahmalia memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi pengirim dan penerima mahasiswa program ini. Para mahasiswa bisa melakukan sharing pengalaman dalam perkulianan, sehingga akan terjadi interaksi yang intensif.
“Mereka akan menjadi duta di kampusnya, melakukan sharing program kegiatan mahasiswa dan juga perkuliahan di perguruan tinggi itu. Ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa,” katanya.
Ia menyebutkan, peserta program PPL ASEAN ini diikuti oleh mahasiswa semester lima dan tujuh. Seperti dari Unja, mengirimkan dua mahasiswa semester tujuh dan empat mahasiswa semester lima.
“Mereka mengikuti tahapan seleksi internal, kemudian wawancara dengan kampus tujuan secara online. Alhamdulillah dari enam mahasiswa yang kami ajukan semuanya lolos ikut program ini,” katanya.
Lebih lanjut ia menyebutkan, saat ini Unja menargetkan lebih banyak lagi program pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi di luar negeri. Juga meningkatkan kerja sama internasional dalam penelitian di berbagai sektor.
“Tahun 2018 ini, UPT Layanan Internasional Unja menargetkan pertukaran mahasiswa 50 orang, selain mengirim mahasiswa ke perguruan tinggi di luar negeri, juga menerima mahasiswa asing di sini,” kata Rahmalia menambahkan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =