Fiddin Siapkan “Gema Ampuh” Tingkatkan Kualitas SDM

      Selong, jurnalsumatra.com – Calon Bupati Lombok Timur HM Syamsul Luthfi bertekad meningkatkan kualitas sumber daya manusia warga setempat dengan menggulirkan program Gerakan Masyarakat Antisipasi Murid Putus Sekolah.
“Sebenarnya Lombok Timur (Lotim) ini daerah yang kaya akan potensi. Hanya saja kita masih belum bisa memaksimalkan potensi itu dengan baik untuk kemajuan daerah karena keterbatasan SDM. Untuk itu, peningkatan kualitas SDM akan kita lakukan,” kata Syamsul Luthfi di sela-sela kampanye dialogis, Minggu.
Ia menegaskan, dengan meningkatkan kualitas sumber sumber daya manusia (SDM) warga Lotim, Pemda Lotim mampu mengelola dan memanfaatkan kekayaan alam untuk kemaslahatan serta kemajuan daerah dengan SDM yang terampil di berbagai bidang.
Menurut Luthfi, banyak cara untuk meningkatkan SDM yang akan dilakukan pasangan Fiddin. Salah satunya adalah menggulirkan rencana strategis bidang pendidikan, yakni Gerakan Masyarakat Antisipasi Murid Putus Sekolah (Gema Ampuh).
Program jaring pengaman Gema Ampuh ini anggarannya dirancang bersumber melalui pembiayaan kerja sama Pemerintah Kabupaten Lombok Timur,  dana CSR perusahaan swasta dan partisipasi wali murid.

“Ada semacam subsidi silang antara murid yang mampu dan yang tidak mampu,” kata Luthfi.
Program ini di desain untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga pengajar agar dapat memberikan pendidikan yang baik kepada pelajar.
“Pelan-pelan, metode ini nanti dilaksanakan pada SMA Negeri dan Swasta. Siswa/siswi akan dididik untuk menjadi calon-calon pemimpin agar dapat mengabdikan dirinya untuk daerah dan rakyat Lombok Timur,” ungkapnya.
Cabup Lotim nomor 4 ini menyadari bahwa seiring dengan kemajuan zaman, maka kehidupan akan terus berputar. Karena itu, pemerintah daerah harus menyiapkan generasi penerus untuk masa depan.
“Dunia ini ‘kan berputar. Kalau tidak kita siapkan saat ini, mau bagaimana nasib Lombok Timur ke depan,” kata kakak dari TGH Muhammad Zainul Majdi atau yang lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) itu.
Untuk bidang pendidikan, ungkap Luthfi, akan menjadi prioritas pembangunan di Lombok Timur. Masyarakat sebagai motor pembangunan harus mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas akan taraf kehidupan rakyat semakin baik di masa yang akan datang.
“Kalau kita punya potensi tapi orang lain yang menggarapnya buat apa, rakyat akan semakin sengsara,” kata Lutfi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + thirteen =