Fitri Ajak Pedagang Agar Jaga Kebersihan

Palembang, jurnalsumatra.com – Merasa resah jika musim penghujan turun pedagang pasar di sepanjang jalan bringin janggut 1 kelurahan 17 Ilir sampaikan aspirasi secara langsung ke Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengenai banjir diseputar lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan, kondisi saluran air yang penuh dengan sampah sampai penutup saluran air secara permanen dengan cor beton menjadikan petugas kebersihan mengalami kesulitan untuk melakukan pembersihan. Selain itu juga kurangnya kesadaran pemilik tokoh dalam penyediaan bak sampah.

Hal ini dibenarkan Fitri bahwa kebersihan kota Palembang ini menjadi tanggung jawab penuh seluruh masyarakat kota Palembang, artinya setiap pedagang dan pembeli harus memiliki kesadaran yang penuh akan menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya melihat banyak sekali sampah plastik di saluran air yang tidak bisa hancur, maka dari itu  Dinas Pekerja Umum sudah melakukan pembersihan saluran air tersebut yang tersumbat oleh sampah bertahun-tahun. Saya menghimbau kepada pedagang dan pembeli agar tidak membuang sampah sembarangan agar saluran air ini bisa dirawat dan bersih.

Tidak menutup kemungkinan dari Pemkot Palembang sendiri tidak mampu untuk melakukan pembersihan tampa adanya peran penting dari masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan,” jelasnya kamis (12/12/2019) saat meninjau titik banjir dilokasi jalan Bringin Janggut.

Dilain hal ia menambahkan kepada penjual hewan yang ada disekitar untuk menjaga kesehatan hewannya agar bebas dari virus sehingga pembeli tidak khawatir akan kesehatan hewan peliharaan yang dibeli.

“Kedepan Pemkot Palembang akan memberikan bantuan vaksinasi gratis kepada penjual hewan dengan mendatangkan petugasnya kepasar burung ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama RM Fauzin penjual kaki lima di Pasar Bringin Janggut yang sudah 14 tahun berdagang mengharapkan agar ditempat ini tidak lagi banjir, saat musim penghujan seperti ini air akan naik setinggi mata kaki orang dewasa.

“Ya terkadang kesalahan terletak dari kami dan pembeli juga yang kurang sadar akan kebersihan jadi jika banjir maka yang menjadi korban pasti pedagang yang ada disekitar lokasi ini,” tutupnya.(rlls)