Fitri Ajak Pengrajin Lestarikan Budaya Anyaman

Palembang, jurnalsumatra.com – Calon Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda secara langsung menyempatkan diri mampir ke Pengarajin anyaman dari bambu asal kelurahan Sukamulya di jalan husni bastari.

Dalam mengembangkan usaha kerajinan tangan perkelompok ini, puluhan pengerajin yang terdiri dari dua kelompok secara langsung mengajak ibu Fitri bersama-sama menganyam bakul yang terbuat dari bambu ini.

Dikesempatan tersebut, Fitri secara langsung menyerap aspirasi dari para pengerajin tangan tersebut seperti kurangnya pemasaran dan bahan baku.

Hal ini secara langsung dijawab calon Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda bahwa Pemerintah kota Palembang terus memperhatikan pelaku usaha kecil dengan mensuport mereka melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, (UMKM).

“Insyak Allah, melalui bantuan pinjaman tanpa bunga ini mereka bisa mengembangkan usaha mereka. Tadi ada beberapa masukan yang kita terima seperti bantuan pemasaran hasil pengrajin mereka serta modal usaha. Dan saya sudah jelaskan satu persatu.

Kita ketahui kerajinan mengayam ini harus di lakukan secara turun-menurun kepada anak dan cucu kita. Mengapa demikian, ini adalah khas buya kita dan harus dilestarikan keberadaanya.”jelasnya jumat (16/3) saat berkunjung ke kelompok penganyam di kelurahan Sukamulya.

Dilokasi yang sama Romli ketua Rt 01 sekaligus tokoh masyarakat setempat menambahkan, bahwa pengerajin ini terdiri 2 kelompok satu kelompok terdiri dari 12 orang semua berasal dari ibu-ibu rumah tangga.

“Untuk satu hari mereka menghasilkan produksi 24 macam jenis anyaman, kecuali mereka mendapatkan pesanan sampai 100 lebih hasil anyaman. Maka dari itu dengan kedatangan ibu, semua masyarakat setempat dan pengerajin bisa mendapatkan informasi mengenai bantuan usaha kecil dari Pemerintah,”jelasnya

Dihal yang berbeda, ia juga mengatakan jika kami warga kelurahan Sukamulyo merasakan perasaan yang senang sekali atas kunjunganya. Ditambah lagi, kami juga sepakat untuk memilih paslon urut 1 Harnojoyo fitri untuk melanjutkan kepemimpinan kota Palembang.

“Mereka berdu adalah pejabat yang selalu turun dalam mejalankan amanah masyarakat. Terbukti ditempat kami jalanya sudah baik dan dicor, bahkan ada pembangunan Sekolah  Menengah Pertama yang bisanya sekolahanya jau kini bisa bersekolah dekat.

Pembangunanya sekitar bukan juli tahun 2018 mendatang. Mudah-mudahan upaya yang dilakukan serta perjuangan dari Ibu Fitri bisa berlanjut lagi di periode mendatang,”ucapnya.

Kriatanti (45) salah satu pelaku pengrajin tikar anyaman mangaku jika dirinya sudah 24 tahun menggeluti pengerajinan ini. Samapi sekarang bisa membantu menggerakan perekonomian yang ada dirumah tangga saya.

“Yo ibu wongnyo idak sungkan-sungkan membaur ke masyarakat kecil cak kami ini. Tadi ketika datang langsung menyapa kami dan duduk bersama-sama untuk menganyam.

Jadi kami sagat senang sekali. Selain itu bisa langsung bercerita tentang bantuan modal yang diberikan Pemerintah,”tutupnya.(rel/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =