Forkopimda Gelar Itiqhosa Dzikir dan Doa Bersama

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kodim 0405 bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda, red) serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lahat, menggelar Itiqosa, Dzikir dan Doa Bersama dalam rangka Indonesia Terhindar Dari Bencana.

Acara tersebut, dilaksanakan Rabu (10/10/2018) yang dipusatkan di masjid Al-Mutaqin, Kelurahan Pagar agung, Kecamatan Lahat. Kegiatan ini bertujuan, sebagai turut berduka cita serta bentuk support moril terhadap saudara setanah air warga Indonesia di Palu, Donggala, Sigi, Moutong dan Lombok yang kini dalam keadaan berduka atas musibah yang sedang menimpah (bencana alam).

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayor Jendral TNI Irwan S.IP, M.Hum disampaikan Dandim 0405 Lahat Letkol Kav. Sungudi SH. Msi melalui Kasdim 0405 Mayor Inf Dery Septriandi S.T. menyampaikan, dengan dilaksanakannya acara ini, kalau didalami kegiatan mengandung makna dan tujuan yang sangat mulia. Terlebih, melalui istiqosah, zikir dan doa bersama ini merupakan wahana yang tepat untuk bermuhasabah, berserah diri, meminta pertolongan dan ridho dari Allah SWT agar Bangsa Indonesia aman, damai dan dihindarkan dari segala bala dan bencana.

“Untuk itu, marilah kita bersama sama mendoakan saudara saudara kita di Palu, Donggala, Sigi, Moutong dan Lombok yang tengah mengalami cobaan dan kesusahan semoga diberikan kekuatan, kesabaran, keikhlasan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan serta segera dipulihkan seperti sedia kala,” jelasnya dalam sambutan, kemarin.

Menurutnya, melalui pelaksanaan acara yang ada ini, bersama sama bekerja, bahu membahu dan berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara setanah air di Palu, Donggala, Sigi, Moutong dan Lombok.

Akhir akhir ini Bangsa Indonesia silih berganti ditimpa bencana, untuk itu Panglima Kodam II Sriwijaya mengajak untuk bersama intropeksi diri bersama yang kemungkinan bencana ini hadir tanpa kita sadari akibat perbuatan serta tingkah kita yang telah zalim serta lalai terhadap perintah perintah yang telah ditetapkan Allah SWT.

Belajar dari umat terdahulu seperti kaum AD dan Tsamud karena berani melanggar ketentuan Allah maka bala bencana diturunkan Allah melalui azab nya.

“Maka dari itu, marilah kita bersama sama melakukan intropeksi diri. Sebagaimana dituliskan dalam Al-Qur’an melalui surat Al-Anfal ayat 33 kita diwajibkan mentaati perintah Allah dan rasulnya. Marilah kita bersama sama berdoa, semoga Allah SWT memebrikan perlindungan, keselamatan, kedamaian, kerukunan dan ketentraman kepada Bangsa Indonesia dan dijauhkan dari mara bahaya,” imbuhnya lugas.

Sementara, Bupati Lahat Marwan Mansyur SH. MM sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan hari ini.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Lahat saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0405 pada hari ini. Ini kegiatan yang sangat positif, mari kita bersama sama mengikuti kegiatan ini dengan khusuk dan semoga musibah yang menimpah saudara kita disana Palu dan Donggala dapat segera diatasi,” kata marwan dalam sambutannya.

Terakhir, usai kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama kemudian dilakukan doa bersama untuk mendoakan warga Palu, Donggala, Sigi, Moutong dan Lombok. Pada kesempatan ini pula dilakukan penggalangan dana untuk korban tersebut.

Hasil penggalangan dana yang berhasil terkumpul pada doa dan zikir bersama ini terkumpul dana sebesar RP. 16.105.500 (Enam belas juta seratus lima ribu lima ratus rupiah).

Turut hadir selain seluruh bpersonil TNI, hadir langsung pada kegiatan ini Kapolres Lahat, AKBP Robby Karya Adi SIK bersama Ibu Bhayangkari Cabang Lahat Nyonya Indi Roby serta personil Polres Lahat, Ketua Persit Chandra Kirana, Kejari Lahat Jaka Suparna, SKPD, pejuang veteran  serta kalangan pelajar juga siswa siswi pondok pesantren. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − four =