Forum Anak Medan-Binjai Dukung Kota Layak Anak

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Forum Anak Medan dan Forum Anak Binjai mendeklarasikan dukungan terhadap dua kota di Sumatera Utara itu untuk menjadi Kota Layak Anak tanpa asap rokok dan iklan rokok.
“Untuk mewujudkan Medan dan Binjai sebagai Kota Layak Anak, harus terpenuhi sejumlah indikator, salah satunya klaster kesehatan tentang ketersediaan kawasan tanpa rokok dan pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok,” kata pegiat Forum Anak Medan Chesa Syaqira melalui siaran pers diterima di Jakarta, Selasa.
Mahasiswi Universitas Negeri Medan itu mengatakan di Medan misalnya, sudah ada Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

     Namun, Chesa menilai pelaksanaan peraturan tersebut belum maksimal di Medan karena masih ada orang yang merokok di kawasan tanpa rokok.
“Karena itu, kami mendukung Pemerintah Kota Medan untuk menegakkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok dengan melakukan pengawasan dan memberikan sanksi tegas bagi mereka yang masih merokok di kawasan tersebut,” tuturnya.
Untuk menyatakan dukungan mereka terhadap ketercapaian Medan dan Binjai menjadi Kota Layak Anak, Forum Anak Medan dan Forum Anak Binjai berkolaborasi mengadakan pementasan Wayang FCTC Warrior.
Pementasan wayang yang diadakan di Lapangan Merdeka Binjai pada Sabtu (14/4) untuk menyampaikan pesan bahaya rokok dan arti penting Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) untuk perlindungan anak dari dampak rokok.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =