Garuda Bandung Pertahankan Peluang Ke Playoff

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Bank BJB Garuda Bandung terus mempertahankan peluang ke babak playoff setelah menang dari Satya Wacana Salatiga dengan skor 82-78 di laga hari pertama Seri VI Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 di Yogyakarta, Jumat.
Dipantau dari laman resmi IBL, hasil ini membuat Garuda Bandung berada di posisi kedua klasemen sementara Divisi Merah dengan 17 poin hasil enam kemenangan dari 11 laga.
Sementara Satya Wacana berada di peringkat keempat klasemen sementara Divisi Putih dengan 13 poin, hasil empat kemenangan dari 10 laga.
Adapun pertandingan Garuda Bandung versus Satya Wacana yang digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut berlangsung ketat sejak “tip off”.
Dua poin Madarious Gibbs membawa Satya Wacana memimpin 10-5 di pertengahan kuarter pertama sebelum disamakan oleh Garuda Bandung 10-10 melalui tembakan bebas sang kapten Diftha Pratama. Namun, Satya Wacana bisa unggul di akhir kuarter dengan 14-13.
Di kuarter kedua, Satya Wacana tidak bisa mempertahankan momentum keunggulan. Sempat memimpin 23-20 saat kuarter kedua berjalan lima menit, anak-anak asuh Efri Meldi justru tertinggal di akhir kuarter 31-35.

    Usai jeda, Garuda Bandung praktis menguasai laga dan tidak lagi membiarkan lawannya memimpin. Meski mendapatkan perlawanan sengit walau big man Satya Wacana Jontaveous Sulton terkena “fouled out” di empat menit akhir laga, Garuda Bandung yang mengandalkan duet impor Gary Jacobs dan Roderic Flemings menyelesaikan kuarter ketiga dan keempat masing-masing dengan skor 62-55 serta 82-78.
Kemenangan tersebut disambut baik oleh staf pelatih Garuda Bandung. Namun, asisten pelatih Garuda Andri Syarel Octreanes menyatakan timnya masih memiliki kekurangan.
“Poin dari ‘second chance’ kurang banyak,” tutur Andri.
Sementara pelatih Satya Wacana Salatiga Efri Meldi menyesalkan kekalahan itu karena sejak awal dirinya yakin timnya bisa menaklukkan Garuda.
“Kami membuat shooter Garuda tak berkembang, tetapi big man mereka banyak membuat angka karena Sulton sudah ‘foul trouble’,” tutur Efri.
Center impor Roderick Flemings menjadi pendulang poin tertinggi untuk Garuda Bandung di pertandingan tersebut dengan 30 poin, 17 rebound dan dua assist.
Di kubu Satya Wacana, point guard asal Amerika Serikat Madarious Gibbs keluar sebagai yang terbaik di partai itu dengan 31 poin, enam rebound dan lima assist.
Berikutnya dalam lanjutan seri VI, pada Sabtu (27/1), Bank BJB Garuda Bandung akan berhadapan dengan BSB Hangtuah dan Satya Wacana Salatiga akan melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja.(anjas)

Leave a Reply