Gedung Transit Haji OKUTimur Tampak Tak Terurus

OKUTimur, Jurnalsumatra.com – Pembangunan gedung asrama haji pada tahun 2012 lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten OKU Timur tampak terabaikan dan tidak terjaga dengan baik, tampak dari luar gedung asrama haji tersebut di penuhi oleh rumput dan semak belukar dan aset bangunan tidak semuanya terawat dengan baik, contoh nya gedung transit Asrama Haji kabupaten OKU Timur  yang ada di jalan Adiwiyata KM 7 desa kota baru selatan kecamatan martapura kota, salah satunya.

Padahal gedung tersebut seharus masih difungsikan serta di rawat dengan baik untuk transit para calon jemaah haji di kabupaten OKU Timur.

“Biasanya gedung ini digunankan untuk transit calon jamaah haji. Tetapi saat ini bangunan asrama haji digunakan sebagai gudang penyimpanan kotak suara KPU, kata warga.


Menurut keterangan yang didapat wartawan dilapangan dari sejumlah warga yang enggan di tulis nama nya saat di bincangi , mengatakan, sangat miris sekali pak” gedung Asrama Haji yang sudah dibangun dengan menggunakan anggaran miliyaran rupiah ini  tetapi malah tidak berfungsi serta di rawat dengan baik beberapa tahun belakangan ini, seakan-akan buang anggaran saja untuk pembangunan nya dahulu.

“Saya melihat gedung asrama haji ini seperti tidak dirawat dengan baik, tingginya rumput dihalaman gedung, menutupi bangunan Asrama Haji dan tidak enak dipandang mata,” ujar warga, kamis (06/08/2020).

Warga juga menambahkan, gedung Asrama Haji OKUTimur sekarang ini seperti nya juga di buat gudang penyimpanan barang saja ” contoh nya di gunakan tempat penyimpan barang-barang KPU Seperti kertas bekas pemilihan dan kotak suara.

“Gedung ini sudah seperti gudang penyimpanan barang saja, terlihat banyak kotak suara KPU yang disimpan disana. Saya berharap semoga gedung Asrama Haji ini bisa lebih diperhatikan lagi dalam perawatannya serta di fungsikan dengan baik karena ini adalah aset dari daerah OKU Timur,”
pungkasnya.

Sementara ” saat Tim control sosial di lapangan untuk melihat serta memastikan  keadaan gedung dengan langsung, “Memang benar saat ini gedung Transit Asrama haji itu dapat kita lihat sendiri keadaan nya” Bangunan gedung seperti pelapon , Cet dinding , WC  telah banyak yang rusak, bahkan Halaman gedung tersebut penuh di tutupi Rumput-rumput yang panjang dan  di dalam  gedung banyak tersimpan tumpukan kertas Dan Kotak suara KPU bahkan Kotor , gedung juga di huni oleh sejumlah orang yang tidak jelas sebagai apa mereka menempati gedung asrama transit haji tersebut, saat mereka di komfirmasi pihak wartawan salah satu mereka menjelas kan, ” Kami ini hanya di suruh tinggal di tempat ini pak , sebab kami menempati sejak tahun 2012 Yang silam, kami hanya di suruh oleh salah seorang oknum pegawai PU bina marga pemerintah daerah”, jelas mereka pada wartawan.

Gedung asrama transit haji yang di perkirakan di bangun pada 2012 silam menggunakan anggaran miliyaran rupiah, saat ini kondisi nya benar-benar tidak layak di pandang mata.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Timur Jumadi.S.Sos saat di komfirmasi di ruang kerja nya Jum’at (7/8/2020) menjelas kan, Bahwa Asrama Haji tersebut memang  dulu pernah di cek tentang kondisi keadaan gedung nya ,akan tetapi di dalam gedung tersebut masing banyak barang-barang KPU seperti kertas suara dan kotak suara, jelas nya.

Jumadi.S.Sos juga menambahkan , dulu pernah di kirim kan surat kepada kantor KPU kabupaten OKUTimur, untuk sesegera mungkin mengosongkan Gedung Tersebut agar gedung dapat di benahi dan di fungsikan dengan baik , akan tetapi sampai saat ini belum juga mereka kosong kan , Dengan alasan masih banyak pekerjaan mereka yang belum mereka selesai kan karena terkendala oleh wabah virus corona (Covid-19), tambah nya.

Bila gedung tersebut sudah layak untuk di pakai nanti nya bisa kita mamfaat kan kembali dan Nanti kantor baqian  kesra akan  menempati asrama haji tersebut dan berkantor di gedung asrama haji , lagi juga kan bisa kita sewa pakai kan untuk kepentingan masyarakat gedung tersebut seperti acara Resepsi atau pun lain nya , nanti nya dana tersebut akan kita mamfaat kan untuk pemeliharaan gedung tersebut.pungkas nya.(iwn)