Gembloux University Belgia Siap Terima Mahasiswa Jabar

Bandung, jurnalsumatra.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum mengatakan Gembloux University dan Universitas Liege di Belgia, menyatakan siap menerima mahasiswa asal Jawa Barat untuk menempuh studi di dua kampus tersebut.
Wagub Jabar dalam siaran persnya, Jumat, mengatakan Universitas Gembloux merupakan Universitas di Belgia yang unggul di bidang Bio Teknologi, Humaniora, Sosial Sains, Sains dan Teknologi serta Kesehatan.
Selain itu, Universitas ini juga menyumbang lebih dari 8.000 scientific publication dan papers setiap tahunnya.
“Jadi dalam kunjungan ke Belgia, kami melakukan pertemuan dengan Vice Rector Gembloux University yang juga merupakan Dosen di University of Liege, Prof Pascal Leroy.┬áDan dua perguruan tinggi tersebut siap menyambut mahasiswa asal Jabar,” katanya.
Dia mengatakan beberapa Universitas ternama di Indonesia yang telah memiliki Kesepakatan Bersama dengan Universitas Gembloux, diantaranya Institut Teknologi Bandung (Fakultas Sains Terapan), Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana dan Universitas Pattimura.

Melihat kesempatan ini, Wakil Gubernur Jawa Barat menawarkan kerja sama dengan universitas di Jawa Barat lainnya khususnya di bidang Kesehatan dan Keperawatan.
“Provinsi Jawa Barat memiliki universitas unggulan lainnya seperti Universitas Padjadjaran dan Institut Pertanian Bogor yang dapat bekerjasama dengan Gembloux University khususnya di bidang kesehatan, keperawatan, pertanian dan Bioteknologi,” kata dia.
Hal ini merupakan upaya untuk mengakselerasi peningkatan kualitas dalam pendidikan formal di Jawa Barat yang harus berbanding lurus dengan pembangunan fisik dan ekonomi di Jawa Barat.
Sementara itu, Dosen di University of Liege, Belgia, Prof Pascal Leroy menawarkan program PhD bagi warga Jawa Barat dengan tuition fee di bawah rata-rata.
“Melihat hubungan bilateral antara Jawa Barat dan Wallonia yang semakin harmonis, kami mengundang mahasiswa asal Jawa Barat untuk mengambil program S3 di Universitas GEmbloux dan Universitas Liege dengan hanya membayar 1.000 Euro sampai dengan Perkuliahan selesai,” kata Leroy.
Ia mengatakan murahnya “tuition fee” di kedua Universitas ini merupakan komplimentary dari subsidi yang diberikan Pemerintah Belgia untuk Institusi Pendidikan tinggi di Belgia.
Wagub Jabar berharap implementasi kerja sama antara Jawa Barat dan Wallonia di bidang pendidikan dapat segera terwujud diantaranya melalui fasilitasi program S3 yang terjangkau ini.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =