Gerkatin Minta Sekolah Ikut Sosialisasikan Bisindo

Palembang , jurnalsumatra.com – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia Sumatera Selatan (DPD Gerkatin Sumsel) resmi dilantik  di Aula Tat Twam Asih Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Minggu (23/12/2018).

Ketum Gerkatin berharap sekolah ikut mensosialisasikan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).

Pembina Gerkatin Sumsel Hernoe Roesprijadji yang diterjemahkan oleh Anada Vita Parameswara mewakili pusat layanan juru bahasa isyarat Sumsel berharap tidak ada lagi stigma buruk bagi masyarakat umum dalam memandang penyandang disabilitas di Sumsel.

“Kawan – kawan Gerkatin memiliki semangat yang Hebat dengan keterbatasan yang ada mereka tetap berkreasi dan berprestasi,” ujarnya.

Ditambahkan Hernoe,  Gerkatin kedepan memiliki kekuataan organisasi yang semakin matang dan program kerja yang jelas dan terarah.  Ini tentu akan menjadikan Gerkatin semakin mandiri dan kuat baik secara internal maupun eksternal.

” Kita berharap Gerkatin dan organisasi difabel lainya tetap solid dan kompak untuk terus berjuang mewujudkan Sumsel Ramah bagi difabel,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Sumsel Rosidin Hasan mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel sangat perhatian terhadap Penyandang Disabilitas. Pasalnya,  setiap tahunnya juga dilaksanakan program untuk bimbingan sosial bagi defabel baik dalam panti maupun di luar panti.

“Penyandang disabilitas bukan hambatan untuk berkarya, karna mereka bisa berprestasi dengan Hebat sesuai dengan potensi yang ada,” ucapnya.

Rosidin menjelaskan,  sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Pemprov Sumsel selalu mendorong para pengusaha, BUMD maupun BUMN untuk dapat mempekerjakan para defabel sebanyak 1 persen untuk swasta dan 2 persen untuk pemerintah (BUMD dan BUMN) ditambah lagi program kemitraan dengan Forum CSR Sumsel. Diharapkan dengan hal tersebut memberikan banyak manfaat bagi difabel untuk terus berkiprah ditengah masyarakat.

Ketua Umum Gerkatin Bambang Prastyo meminta pengurus DPD Gerkatin yang baru dilantik untuk bergerak cepat membentuk struktur cabang di kabupaten dan kota.

“Saat ini baru ada 3 DPC yaitu Palembang,  Prabumulih dan Karateker Banyuasin nah kedepan semua kabupaten dan kota harus ada semua,” bebernya.

Diungkapkan Bambang, strukturisasi ini menjadi bagian penting karna dapat mengakomodir kepentingan kaum tuli Sumsel.  Selain fokus pada strukturisasi, pentingnya mensosialisasikan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) disemua jenjang pendidikan agar masyarakat  belajar Bisindo. “Jadi kedepan Bisindo semakin dipahami oleh masyarakat luas,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply