Gold Coast-Makassar Jalin Kerja Sama “Sister City”

Makassar, jurnalsumatra.com – Wali Kota Gold Coast Mr Tom Tate pembicara utama dalam Forum Pariwisata Australia-lndonesia Timur menandatangani nota kerja sama Letter of Intent (LOI) dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto tentang “Sister City” antara Gold Coast dan Pemkot Makassar. 
     “Kami punya banyak gagasan dan konsep yang akan dikerjasamakan. Dulu-dulunya, kami juga punya pengalaman khususnya di bidang pendidikan,” ujar Mr Tom Tate, di Makassar, Selasa (5/3). 
Ia mengatakan dirinya senang bisa berada di Makassar, apalagi di tengah-tengah masyarakatnya yang ramah terhadap setiap pendatang. 
   Mr Tom mengungkapkan, dirinya tidak pernah asing dengan suasana Indonesia, karena sejak kecil sudah sering berlibur di Indonesia khususnya Bali. 
   “Selama 20 tahun saya mengikuti perkembangan Indonesia dan saya selalu terkesan dengan perkembangannya, apalagi dengan semua potensi sumber daya alamnya. Saya juga suka dengan hutan tropisnya dan bagi saya itu adalah keajaiban dunia,” katanya lagi. 
   Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan kerja sama dengan kota-kota terkemuka dunia seperti Gold Coast menjadi bukti bahwa Kota Makassar semakin mendunia.
   “Kota Gold Coast dikenal hanya melakukan sister city dengan Taipei dan Dubai, semuanya adalah ibu kota negara. Menjadi hal yang luar biasa karena Makassar bukan ibu kota negara, tapi berhasil melakukan kerja sama. Itu satu kebanggaan tersendiri,” katanya pula. 
   Pada pertemuan tersebut Danny dan Mr Tom juga banyak membicarakan kerja sama di bidang pertukaran pelajar, pertukaran mahasiswa, waste to energy, dan hal-hal lainnya. 
   “Gold Coast sangat terkenal dengan pantainya dan mereka sudah menyulap pantainya menjadi emas. Pantai Gold Coast salah satu yang terbaik di dunia dan kami ingin belajar banyak,” ujarnya lagi.(anjas)

Leave a Reply