Gubernur Dan Bupati OKUTimur Kunjungi Korban Banjir

OKUTimur, Jurnalsumatra.com – H Herman Deru SH MM bersama Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos.Msi melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten OKU Timur. Dalam kunjungan kerja pada Senin (11/5/2020), gubernur terjun langsung menemui warga di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Bunga Mayang dan Kecamatan Martapura tepatnya di Kampung sawah sekaligus memberikan bantuan kepada warga.

Dalam sambutannya Deru mengaku sangat prihatin atas musibah yang sedang terjadi di Bumi Sebiduk Sehaluan. “Ini lepas dari kendali kita sebagai manusia, saya ikut prihatin. Pertemuan kita hari ini sangat spesial, karena selain saya meninjau kondisi banjir, juga obat rindu saya kepada masyarakat OKU Timur,” ujar Deru.


Memurut mantan Bupati OKU Timur dua periode ini, berdasarkan data BMKG wilayah Sumatera Selatan masih akan mengalami hujan sampai bulan Juni mendatang. Maka melihat kondisi tersebut, dirinya berpesan agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan. “Tadi di Kecamatan Bunga Mayang terdapat enam rumah yang terkena longsor. Di OKU Selatan ada tujuh jembatan dan rumah yang terkena terjangan banjir ini,” terangnya.
Untuk itu, melalui bantuan yang diberikan ini, Deru berharap dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. “Bantuan ini pasti tidak mencukupi, tapi sebagai wujud perhatian untuk meringankan beban masyarakat. Tolong diterima, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sekarang yang perlu kita jaga adalah ketahanan pangan agar kesehatan masyarakat dapat terjaga,” terangnya. 


Sementara itu, Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi SSos MSi menambahkan, saat ini secara keseluruhan di OKU Timur terdata 6.777 KK yang terdampak banjir. Khusus di kecamatan Martapura terdata sekitar 1.200 – 1.300 KK yang rumahnya terendam.
“Tentunya kita sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pak Gubernur kepada masyarakat OKU Timur. Sebelumnya Pemkab juga telah menyalurkan bantuan. Nanti bantuan ini penyalurannya akan di drop di kantor kelurahan, selanjutnya di data oleh RT dan dibagikan langsung oleh RT masing-masing,” jelas Bupati (ADV/iwn).