Gubernur dan Bupati Tanam Umbi Porang

Banyuasin, Jurnalsumatta.com –  Gubernur Sumsel H Herman Deru dan  Bupati Banyuasin H Askolani melakukan penanaman Umbi Porang  di Simpang Sukaraja I Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Rabu (16/9/2020).

Askolani menyampaikan,  sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan Kabupaten Banyuasin, tidak hanya memberikan andil dalam ketahanan pangan juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian.

Pembangunan sektor pertanian, menurutnya  kita jadikan salah satu prioritas utama pembangunan daerah Kabupaten Banyuasin yakni Program Petani Bangkit yang termasuk didalam 7 (tujuh) Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang tertuang didalam visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

“Hari ini kita akan melakukan penanaman perdana Umbi Porang yang kita ketahui tanaman ini sejenis Umbi yang dapat dimakan.  Manfaat umbi Porang banyak dan bida digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air dan pembuatan lem dan jelly,” jelasnya.

Tanaman ini sebenarnya, tegas Askolani sudah ada, tapi  masyarakat belum tahu nilai ekonomisnya, maka belum ada yang membudidayakan secara intensif. “Untuk itu hari ini akan jadi momentum bagi Petani Banyuasin untuk ikut membudidayakan tanaman ini,” katanya. 

Terang Askolani,   di bidang pertanian Banyuasin  menduduki posisi keempat nasional sebagai Kabupaten produksi beras tertinggi yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI sebagai bukti dari keberhasilan program Petani Bangkit yang dijalankan selama ini. “Peran besar pak Herman Deru untuk Banyuasin tak diragukan lagi  dan menjadi kebanggaan kami masyarakat Banyuasin,” ujarnya Saya kata Askolani, mewakili semua masyarakat Banyuasin mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian besar kepada  Banyuasin ini. (BIO)