Gubernur: Gereja Motor Penggerak Pembangunan Karakter Bangsa

    Manado, jurnalsumatra.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada Sidang Majelis Sinode Tahunan (SMST) GMIM ke-31 berharap, gereja di daerah itu menjadi motor penggerak dalam pembangunan karakter bangsa.
“Gereja memberikan pencerahan etik, moral, dan spiritual kebangsaan, baik dari nilai-nilai agama, maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata dia di Manado, Selasa.
Upaya yang dilakukan gereja seperti itu, kata dia, mencari titik kesamaan dan pandangan yang sama tentang kehidupan berbangsa yang berkeadilan.
“Diharapkan ‘ouput’ dari kegiatan seperti ini benar-benar menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik, dalam hal program kerja yang lebih cerdas, kreatif, inovatif, dan solutif,” kata dia.
Tujuannya, katanya, mengantar jemaat menjadi semakin berkualitas, semakin kokoh dalam persaudaraan yang rukun dan damai, serta senantiasa mengandalkan Tuhan dalam setiap menyelesaikan perkara.

    Kegiatan SMST, kata dia, salah satu langkah yang tepat dalam menciptakan pola pelayanan efektif yang mencerminkan karakter Kristus dengan berbagai “buah-buah roh”.
“Gereja harus mampu merumuskan dan menghasilkan program kerja dan kegiatan yang solutif dan konkret sebagai jalan keluar terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bergereja dan bernegara,” katanya.
Gereja, kata dia, juga harus selalu tampil solid dengan seluruh komponen bangsa, dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menanggulangi kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme, dan kerusakan lingkungan di Indonesia.
“Karena itu, program kerja yang dihasilkan mampu memantapkan pokok-pokok tugas yang berpihak pada jemaat dalam perspektif keadilan, khususnya mampu menjalankan perannya sebagai saluran berkat dan damai sejahtera Allah, baik di lingkungan keluarga, gereja, maupun di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bermasyarakat secara demokratis,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply