Gubernur Jalankan Instruksi Presiden Terkait Kemudahan Investasi

     Gorontalo, jurnalsumatra.com s- Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku siap menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberian kemudahan berinvestasi di daerah.
Rusli ketika ikut rapat bersama Presiden yang dihadiri seluruh Gubernur serta Ketua DPRD Provinsi belum lama ini mengatakan, pihaknya bersama dengan pihak legislatif punya komitmen yang tinggi untuk mendorong investasi di daerah.
“Selain memberikan pelayanan yang mudah, regulasi terhadap investasi tidak berbelit, pemerintah provinsi bahkan sudah menyiapkan dan akan memberikan izin ribuan hektare lahan yang tidak produktif untuk dikelola,” kata Rusli, Rabu
Ia mencontohkan, pada awal Januari ini pihaknya bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah mempresentasikan potensi daerah, termasuk rencana pemerintah membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), di depan CEO PT Jababeka Tbk di Bekasi.

“Pihak mereka menyambut baik potensi daerah, tapi tentu ada banyak hal yang mereka pertimbangkan untuk berinvestasi,” ungkapnya.
Namun dukungan infrastruktur sebagai jaminan investor berinvestasi, lanjut Rusli bahwa Gorontalo sudah siap untuk mendukung investasi, selain pembangunan jalan lingkar luar Gorontalo yang menghubungkan tiga  kabupaten yang hampir rampung, ketersediaan energi listrik juga sudah mencukupi bahkan surplus.
“Belum lagi akan ada ketambahan 2 kali 25 Megawatt (Mw), yaitu PLTU Anggrek yang sementara dikerjakan dan diperkirakan rampung akhir 2018 ini,” jelasnya.
Selain itu pemerintah provinsi juga sudah merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dengan memasukkan beberapa wilayah untuk mendukung investasi.
Namun menurutnya, masalah investasi di daerah tidak hanya bergantung pada pemerintah, butuh dukungan dan peran masyarakat utamanya dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban daerah.
“Jika regulasi baik, infrastruktur mendukung dan daerah aman maka saya yakin investor akan datang, dan pertumbuhan ekonomi akan semakin naik,” ujar Rusli.(anjas)

Leave a Reply