Gubernur Kalsel Lepas Jalan Sehat “Tebarkanlah Kedamaian”

       Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas gerak jalan sehat bertema “tebarkanlah kedamaian” dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama Provinsi, Sabtu.

Kegiantan yang diikuti sekitar 3.000 peserta lintas agama tersebut digelar di halaman kantor Kemenag Kalsel di jalan DI Panjaitan, Banjarmasin Tengah.

Gubernur menyatakan apresiasinya atas kegiatan ini, sebab bisa menggambarkan bahwa masyarakat Kalsel selalu menjaga kedamaian.

“Pembangunan di daerah ini akan bisa berjalan baik dan cepat kalau suasana terjaga aman dan damai,” papar Sahbirin.

Menurut dia, Kalsel merupakan daerah yang sangat aman dan damai, tidak pernah terjadi pertikaian besar baik antar suku maupun penganut agama. Rasa persatuan dan rasa persaudaraan sesama anak bangsa yang sudah tumbuh ini harus senantiasa dijaga.

Sahbirin meminta, Kemenag Kalsel untuk memupuk kerukunan antar agama sehingga semua umat bisa saling bertoleransi, dan dengan demikian akan mematikan bibit-bibit pertikaian.

“Apalagi saya dengar pesertanya banyak pula siswa madrasah, saya sendiri bangga pernah sekolah di madrasah,” akunya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HAB ke-72 yang tepatnya pada 3 Januari 2018.

Menurut dia, sesuai nama dan tema kegiatan, jalan sehat ini melibatkan semua unsur agama yang ada di Kalsel, dengan harapan untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi sesama umat beragama dan antar umat beragama di Kalsel sehingga kehidupan umat beragama dapat lebih terjaga dan kondusif.

Kegiatan ini juga melibatkan ribuan undangan peserta yang berasal dari keluarga besar Kementerian Agama Kalsel dari unsur Kantor Kemenag, Universitas Islam Negeri, Balai Diklat Keagamaan, UPT Asrama Haji dan Madrasah dilingkungan Kota Banjarmasin serta beberapa undangan dari Instasi/Dinas dan Pimpinan Media Cetak terdekat.

Sebagai daya tarik dan motivasi bagi peserta, panitia Gerak Jalan Sehat Kerukunan telah menyiapkan ribuan kupon undian berhadiah yang menyediakan berbagai macam jenis hadiah termasuk hadiah utama dua umroh.

“Jumlah hadiah undian yang kita bagikan sebanyak 257 buah,” pungkasnya.(anjas)

Leave a Reply