Gubernur Motivasi Mahasiswa Saat Jalan Santai

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin memberikan motivasi kepada mahasiswa saat melepas event Jalan Santai Dies Natalis Ke-60 Universitas Lambung Mangkurat (ULM).
“Adik-adik mahasiswa harus rajin belajar dan jadilah lulusan ULM yang membanggakan untuk berkontribusi membangun daerah. Karena kalianlah generasi penerus masa depan di Bumi Lambung Mangkurat,” kata Paman Birin di Banjarmasin, Senin.
Dengan gaya khasnya yang penuh semangat dan berapi-api, gubernur mengajak semua komponen civitas akademika ULM untuk sama-sama Berjuang Gelorakan Rakyat (Bergerak) sebagaimana motto yang selalu didengungkannya.
żMari kita bergerak perangi kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan. Dan itu semua hanya bisa dimulai melalui pendidikan,” tegas, sembari mengingatkan mahasiswa agar tidak “pengoler” yang dalam Bahasa Banjar berarti malas.
Paman Birin pun mengucapkan selamat dan sukses kepada ULM yang telah menginjak usia 60 tahun. Kampus yang didirikan oleh Pahlawan Nasional Brigjen Hasan Basry itu menurutnya telah berhasil melahirkan banyak generasi yang mewarnai pembangunan di Kalsel.
“Peran besar ULM dalam pembangunan dapat dilihat dari banyaknya alumni ULM yang bekerja di setiap SKPD baik provinsi maupun kabupaten kota di Kalsel,” tuturnya.
Untuk itu, dia akan selalu berkomitmen membantu ULM sehingga bisa lebih maju lagi dari sekarang. Termasuk cita-cita ULM meraih akreditasi institusi A didukung penuh Pemprov Kalsel.
“Maju mundurnya daerah dan bangsa tergantung bagaimana pendidikannya. Sehingga saya selalu antusias jika soal membantu mendorong kemajuan universitas,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin,  menyatakan, perhatian dari Gubernur Kalsel Paman Birin begitu besar selama ini untuk ULM.
Selain gelontoran dana untuk program beasiswa, Pemprov Kalsel juga kerap memberikan bantuan pembangunan infrastruktur guna penambahan sarana dan prasarana di ULM.
“Sebanyak 13 mahasiswa Fakultas Kedokteran menerima beasiswa dari Pemprov Kalsel untuk merealisasikan misi Kalsel Cerdas. Dananya sangat besar, jadi mahasiswa tinggal fokus belajar karena untuk biaya kuliah dan biaya hidup sudah ditanggung semua. Kemudian ada juga bantuan untuk mendukung Bidikmisi,” jelas Sutarto.
Di sisi lain, pada pelaksanaan event jalan santai yang dilaksanakan pada Minggu (23/9) pagi itu diikuti oleh ribuan peserta dari civitas akademika ULM dan masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk para Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ULM yang mendukung penuh kegiatan.
Mengambil start dari lapangan Open Space, peserta berjalan sampai menuju Bundaran Kayu Tangi Jalan Brigjen Hasan Basry dan kembali lagi ke ULM.
Peserta yang beruntung pun membawa pulang hadiah dari doorprize yang dibagikan panitia seperti kulkas, mesin cuci, laptop, sepeda, televisi dan kompor gas.
Sedangkan hadiah utama berupa ibadah umrah, dibagikan untuk tiga orang paling beruntung dari ribuan peserta yang hadir. Hadiah umrah ini salah satunya sumbangan dari Gubernur Paman Birin.
Dalam kegiatan itu juga pertunjukkan atraksi beladiri dan kesenian dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di ULM serta booth untuk melakukan donor darah dan cek kesehatan gratis dari Fakultas Kedokteran.
Rektor ULM mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kontribusinya untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan jalan sehat tahunan guna memeriahkan Dies Natalis ULM ke-60 tersebut.  (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =