Gubernur NTT Apresiasi Kinerja Basarnas

   Kupang, jurnalsumatra.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya memberikan apresiasi kinerja anggota Basarnas yang selama ini selalu sigap melakukan pencarian dan pertolongan ketika masyarakat NTT tertimpa musibah.
“Pemerintah NTT memberikan apresisasi yang tinggi terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan Basarnas dalam mencari dan menolong korban bencana di NTT,” kata Gubernur Frans Lebu Raya dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli gubernur, Herman Nai Ulu dalam acara pembukaan pelatihan pertolongan di medan ketinggian bagi potensi SAR di NTT, Selasa.
Ia mengatakan, keberadaan Basarnas di NTT sangat penting mengingat wilayah NTT merupakan daerah rawan bencana alam.
Menurut dia, operasi penyelamatan yang sering dilakukan Basarnas menyimpan misi kemanusiaan karena melakukan upaya penyelamatan terhadap manusia.
“Tidak hanya karena tugas pokok namun dibalik itu ada misi sosial yang diemban Basarnas karena membantu dan mencari masyarakat yang tertimpa musibah dengan segara risiko yang besar,” tegas Lebu Raya.

    Ia berharap pelatihan medan ketinggian ini dapat meningkatkan profesionalisme anggota Basarnas di NTT dalam melaksanakan operasi penyelamatan terhadap korban bencana di wilayah ini.
Sementara itu Direktur Bina Potensi Basarnas, Marsekal Pertama, F.Indrajaya mengatakan, wilayah Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan bencana.
“Tingginya kasus bencana yang mengancam keselamatan manusia mendorong Basarnas meningkatkan status Kantor Basarnas Kupang dari tipe B ke tipe A,” tegas Indrajaya.
Kasus kecelakaan yang sangat dominan di NTT yaitu kecalakan di perairan sehingga Basarnas terus mendorong penambahan peralatan operasional yang lebih memadai sehingga operasi penyelamatan yang dilakukan anggota Basarnas di provinsi berbasis kepulauan itu lebih optimal.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − nine =