Gubernur Papua Barat Ajak Warga Waspadai Produk Berbahaya

Manokwari, jurnalsumatra.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengajak masyarakat mewaspadai produk berbahaya, baik makanan, kosmetik maupun jenis produk lainya.

  Gubernur saat ditemui di Manokwari, Rabu mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Barat terus berbenah dalam pemberdayaan konsumen. Momentum hari konsumen nasional (harkonas) diharapkan membuat konsumen di daerah tersebut lebih cerdas.

  Gubernur berharap organisasi perangkat daerah (OPD) terus memberikan edukasi dan pelayanan yang baik terhadap pelaku usaha dan peningkatan kesadaran konsumen dalam melaksanakan hak dan kewajiban.

  Ia menilai, produk asing harus diwaspadai, terutama makanan, karena sebagian masyarakat masih awam dengan produk dari negara lain.

  “Produk asing ini rata-rata dikemasanya yang ada tulisan asing. Tidak semua orang bisa membacanya. Pengawasan harus diperketat dan harus ada proses edukasi,” katanya.

  Papua Barat lanjut Dominggus menjadi salah satu tujuan pemasaran produk luar. Pemerintah daerah bersama instansi terkait lainya harus mampu memfilter.

  “Kita tidak tahu barang tersebut sesuai dengan standar nasional Indonesia atau tidak. Masuk dalam kategori barang berbahaya bagi konsumen atau tidak untuk mengetahui harus dilakukan uji laboratorium,” ujar Gubernur.

  Ia berharap dilakukan pengawasan lintas sektoral, termasuk mengawasi peredatan minuman beralkohol baik produk lokal maupun yang dipasok dari daerah lain.

  Gubernur tak ini minuman keras atau miras ilegal, masuk melalui jalur perdagangan resmi. Para pelaku usaha yang sudah mengantongi izin harus diawasi agar tidak terjadi penyalahgunaan.

  “Papua Barat sudah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat, sebagai salah satu daerah yang berkomitmen dalam perlindungan konsumen. Ini harus dipertahanakan,” katanya.(anjas)