Gubernur: Pemahaman Empat Konsensus Kebangsaan Kebutuhan Masyarakat

    Batusangkar, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan pemahaman terhadap empat konsensus kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan kebutuhan bagi seluruh masyarakat.
Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan Seminar Politik Empat Konsensus Kebangsaan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumbar di Batusangkar, Senin.
“Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena pemahaman terhadap kebangsaan merupakan sebuah kebutuhan yang harus ada pada setiap diri masyarakat,” katanya.

     Ia menyebutkan kegiatan pemberian pemahaman terhadap nilai-nilai dan makna kebangsaan berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi yang ada saat ini, sebab rasa kebangsaan yang ada pada diri masyarakat semakin lama semakin menipis.
Menurut dia, semangat kebangsaan yang ada pada diri masyarakat saat ini berbeda jauh dengan semangat kebangsaan yang ada pada masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.
“Pada zaman kemerdekaan semangat kebangsaan masyarakat sangatlah tinggi karena mereka memperjuangkan kemerdekaan, akan tetapi pada saat ini ketika kemerdekaan telah tercapai semangat kebangsaan mulai menipis,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 3 =