Gubernur Puji Hubungan CU Dengan Beberapa Kepala Daerah


 Lahat, jurnalsumatra.com – Dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lahat yang ke-150 perayaan ke-XXI tahun 2019, dan sebelumnya berbagai kegiatan dihelat oleh Pemkab Lahat.

Rangkaian perayaan hari jadi Kabupaten Lahat ke-150 perayaan ke-21 ini Pemerintahan Daerah (Pemkab) Kabupaten Lahat, telah menggelar berbagai perlombaan mulai, lomba Memamcing, Seni Tari, Lagu Daerah, Jl Santai, Olaraga, Keagamaan dengan Tema menuju “Kabupaten Bercahaya”.

Turut hadir dalam perayaan HUT Pemkab Lahat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Wabup H.Haryanto.SE.MM.MBA, Gubernur Sumsel H.Herman Deru SH. Kapolda Irjen  Pol  Zulkarnain, Aliandra Patigatra Ketua DPRD Sumsel beserta anggotanya, Forkominda Lahat, Bupati Penungkal Abad Herri Amalindo, Bupati 4L Jongcik beserta Wakil, Wabup Sarolangun,  Kabag Humas PTBA Tbk Efensi, Suhedi GM UPTE  PTBA dan tamu undangan lainnya.

Mengawali acara tersebut, dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang dibawakan oleh Qori terbaik di Bumi Seganti Setungguan. Lalu, acara dilanjutkan pembacaan sejarah berdirinya “Kota Lahat” yang dibacakan langsung Asisten I Pemkab Lahat Ramsi Sip.MM.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan, dalam perayaan HUT Pemkab Lahat yang ke-150 perayaan ke-XXI akan berusaha sekuat tenaga agar dapat menjalankan program secara merata sesuai dengan Visi dan Misi demi kesejahteraan masyarakat Bumi Seganti Setungguan ini.

“Namun, semua program tidak akan berhasil, tanpa adanya dukungan dari semua pihak, khususnya pihak Pemerintah Provinsi Sumsel, DPR Provonsi, dan DPRD Kabupaten Lahat, serta semua pihak terkait lainnya,” ujar Cik Ujang.

Tidak itu saja, Bupati Lahat yang dilantik enam bulan lalu juga menyampaikan, “atas nama Pemkab Lahat selamat menunaikan ibadah puasa, peringatan HUT Lahat ke 150 perayaan ke XXI merupakan tahun pertama jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023. tema hari jadi tersebut selaras dengan Visi Misi Lahat sejatera dan Bercahaya.

Diungkapkan Cik Ujang, beberapa program CAHAYA telah digelontarkan seperti, sekolah gratis, berobat gratis. Lalu, memberikan santunan kepada warga yang tertimpa musibah.

“Insya Allah, program dan janji janji masa kampanye akan terealisasi. Semua ini berlandaskan Yuridis. Rencana pembangunan RPMD panjang menengah daerah. Agar kedepan Lahat Bercahaya,” terangnya.

Terakhir, meningkatkan kualitas masyarakat yang mencapai Indeks yang rendah di bawah Provinsi, pada tahun 2003 ditargetkan 70 persen. Penguatan pangan mengalami surplus demi meningkatkan kesejahteraan. Lahat rentan bencana Pemerintah meperioritaskan infrastruktur, jalan utama secara berkesinambungan reformasi pembangunan, mengembangan toleransi umat beragama.keanekaragaman seni dan budaya, serta menjalankan program berobat dan sekolah gratis.

Sedangkan, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru SH MM, yang hadir dalam perayaan tersebut menyampaikam, dengan usia 150 tahun bukan usia yang muda dan itu patut di syukuri oleh warga Lahat.  Herman Deru sendiri memuji kontribusi Lahat dalam memajukan Sumatera Selatan.

“Terus terang saya akui keakraban Bupati Lahat dalam menjalin hubungan dengan beberapa kepala daerah baim di Sumsel maupun luar Sumsel seperti, Kepayang Bengkulu, dan Sarolangun Jambi. 150 tahun bukanlah usia muda. Lahat termasuk Kabupaten tertua di Provinsi Sumsel. Oleh sebab itu, adat istiadat serta keariban lokal agar selalu tetap terjaga dengan baik,” pesan H.Herman Deru dalam sambutannya. (ADV/Syah)