Gubernur Riau Ajak Yang Berseteru Karena Pemilu Untuk Bersatu

Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Gubernur Riau Syamsuar meminta semua pihak yang berseteru karena perbedaan pilihan pada Pemilu 2019 untuk berdamai dan bersatu untuk membangun Indonesia ke depan.

“Kalau dulu mungkin ada perbedaan, sekarang mari kita bersatu membangun Indonesia lebih maju lagi di masa yang akan datang,” kata Syamsuar di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan proses pemungutan suara dan perhitungan suara sudah selesai dilakukan di Riau, dan secara umum berlangsung dengan lancar dan aman. Masyarakat agar bersabar untuk menunggu hasil final perhitungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Mudah-mudahan masyarakat bisa bersabar menunggu perhitungan suara secara utuh,” katanya.

Selain itu, Syamsuar juga mengingatkan agar ulama dan perwakilan tokoh-tokoh lintas agama untuk menyuarakan pesan damai kepada masyarakat.

“Kita berdoa semoga suasana aman damai, dan mari kita pelihara persatuan kesatuan karena kita sudah selesai melakukan pemungutan suara dan perhitungan suara,” katanya.

Ia menilai partisipasi masyarakat Riau dalam Pemilu setentak 2019 cukup tinggi. Ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Indragiri Hulu, ia melihat langsung partisipasi pemilih di satu tempat pemungutan suara mencapai 85 persen.

“Saya nilai partisipasi lebih baik, kemungkinan 75 sampai 80 persen. Kita lihat saja nanti, data-data kan masih dalam perhitungan KPU,” katanya.(anjas)