Gubernur: Sumsel Bangun Daerah Berwawasan Lingkungan

   Palembang, jurnalsumatra.com- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, daerah ini akan terus membangun wilayah berwawasan lingkungan dengan menggunakan sains dan teknologi.
“Pembangunan berwawasan lingkungan sebagai wujud kepedulian Pemprov Sumsel melestarikan lingkungan,” kata gubernur saat berbicara pada seminar nasional pengelolaan lingkungan di Palembang, Kamis.
Dia mengatakan, dalam mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan  menggunakan sains dan teknologi, sebagai contoh sekarang ini sedang menyelesaikan jalur kereta api ringan sepanjang 24 kilometer dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jakabaring Palembang.
“Kereta api ringan itu menggunakan listrik yang dalam arti berwawasan lingkungan,” kata dia.
Sebelumnya pemerintah pusat menginginkan kereta api ringan tersebut menggunakan solar, namun pihaknya merasa keberatan karena dampaknya pencemaran lingkungan.

    Gubernur lebih lanjut mengatakan, dengan adanya pendekatan itu maka kereta api ringan tersebut akan digerakan listrik.
Selain itu juga akan dibangun pembangkit listrik tenaga surya di Jakabaring Palembang dalam mendukung pembangunan berwawasan lingkungan.
Bukan itu saja tetapi juga kawasan olahraga Jakabaring Palembang akan dijadikan wilayah bebas polusi, menurut dia, hal ini karena kendaraan yang beroperasi di daerah itu bebas polusi atau menggunakan gas.
Jadi Sumsel sudah melakukan program pembangunan ramah lingkungan dengan menerapkan sains dan teknologi, ujar dia.
Seminar yang dilaksanakan Unsri ini diharapkan lebih bermanfaat terutama untuk pembangunan berkelanjutan, tambah dia.(anjas)

Leave a Reply