Guru Harus Memperkuat Kemampuan Siswa

Palembang, jurnalsumatra.com – Terdapat Perubahan mencolok dalam materi Ujian Nasional (UN) tahun depan. Persoalannya mata uji pelajaran Matematika yang biasanya diberikan dalam bentuk pilihan ganda diubah menjadi esai.

Hal tersebut dikatakan Kabid Pendidikan Tinggi Dinas Pendidkan Sumsel Bonny Syafrian. Dia mengakui, pihaknya sudah menerima petunjuk teknis terkait pelaksanaan UN tahun depan. “Memang ada perubahan terkait soal UN Matematika yang dibuat esai. Tapi untuk mata pelajaran lainnya tidak,” ucap Bonny.

Menurutnya perubahan bentuk soal dari pilihan ganda menjadi esai, bisa menjadi tolak ukur kemampuan siswa yang sebenarnya.”Kalau soal UN pilihan ganda maka siswa bisa hanya menebak nebak saja jawabannya. Tapi kalau soal dalam bentuk esai, ketuntasan belajar siswa dapat diukur,” beber Bonny.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan perubahan soal UN Matematika menjadi esai kepada sekolah. Oleh sebab itu, guru harus memperkuat kisi kisi soal yang diberikan kepada siswa,. “Guru harus memperbanyak kisi kisi soal Matematika dalam bentuk esai” papar Bonny.

Selain itu, sambung Bonny, juga terjadi perubahan terkait scaning lembar jawaban untuk UN SMA, yang dulu di Diknas Provinsi, tahun ini dilakukan oleh LPMP. Namun untuk scaning lembar jawaban SMP masih dilakukan di Diknas Provinsi.

“Kita selalu menghimbau agar sekolah mengutamakan kejujuran. Harus apa adanya, jangan mengutamakan nilai tinggi tapi tidak jujur,” tandasnya. (Yanti

Leave a Reply