Guru Honor Di Barito Utara Mundur Karena Mencaleg

Muara Teweh, Kalteng, jurnalsumatra.com – Sebanyak tiga orang guru honor di sekolah dasar Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengundurkan diri sebagai tenaga pengajar karena masuk dalam daftar tetap calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2019.
“Berdasarkan data yang masuk ke Dinas Pendidikan Barito Utara, ada tiga orang guru honor SD semuanya perempuan. Terhitung mulai 1 Januari 2019 tidak dibayarkan lagi honor bagi ketiga guru honorer tersebut,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq, di Muara Teweh, Jumat.
Menurut dia, ketiga guru honor tersebut mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif berasal dari Partai Demokrat di Daerah Pemilihan (Dapil) Barito Utara 2, yaitu (DY), kemudian dari Partai NasDem Dapil Barito Utara 3, yaitu (TP), dan Dapil Barito Utara 4 yaitu (MS).

Dinas Pendidikan Barito Utara sebelumnya tidak mengetahui tiga orang guru honorer tersebut mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif.
“Setelah ada laporan bahwa ada guru honor yang mencaleg, mereka langsung kita panggil ke Dinas Pendidikan,” kata Masdulhaq.
Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Utara, pada daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Barito Utara pada Pemilu 2019, nama-nama ketiga guru honorer tersebut memang terdaftar di DCT lengkap dengan foto, dapil, dan dari partai mencalonkan.
Ketua KPU Malik Muliawan menjelaskan sebanyak 287 orang ini akan memperebutkan 25 kuota kursi DPRD Kabupaten Barito Utara pada Pemilu 2019.
“Caleg sebanyak itu dari 15 partai politik, dari 16 parpol peserta pemilu tahun depan,” kata Malik. (anjas)

Leave a Reply