H-7 Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik

Cilegon, jurnalsumatra.com – Memasuki H-7 Idul Fitri, Pelabuhab Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten mulai dipadati oleh para pemudik yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

  Pantauan Rabu pagi, menunjukkan pemudik pejalan kaki maupun yang mengendarai kendaraan roda dua dan empat terus berdatangan ke pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera tersebut.

  Data yang tercatat di pusat data informasi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Merak Banten,  jumlah kapal yang beroperasi pada Selasa (28/05), terhitung selama 12 jam, dari pukul 08.00 wib hingga pukul 20.00 WIB ada 26 unit kapal yang melayani penyeberangan dengan 44 trip.

  Sedangkan jumlah penumpang secara keseluruhan yang mendapat pelayanan penyeberangan mencapai 2.218 orang, dan kendaraan mencapai 3.301 unit yabg didominasi kendaraan pribadi.

  General Manager ASDP Merak Captain Solikin, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peningkatan pendatang ke pelabuhan tersebut pada H-7 Lebaran tersebut.

  “Dibandingkan biasanya pelayanan penyeberangan memang mengalami peningkatan, dan itu terjadi sejak Selasa (28/5),” ujarnya.

  Penumpang yang berdatangan ke Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Bakauheuni lebih awal terlihat mulai pukul 18.00 WIB. Untuk kapal pihak ASDP masih menyesuaikan dengan kepadatan.

  “Hari ini sekitar 26 unit armada yang beroperasi melayani penumpang. nanti peningkatan trip dan jumlah armada kita lihat dan sesuaikan dengan kedatangan penumpang, sejauh ini aktivitas pelayanan cukup lancar,” katanya. (anjas)