Hadapi UNBK, SMKN2 Siapkan Ratusan Komputer Serta Genset

Palembang, jurnalsumatra.com – SMK Negeri 2 Palembang telah mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pada UNBK tahun ini, SMKN 2 telah menyiapkan 311 komputer dan ganset 250 Mega Volt.

Kepala SMKN 2 Palembang Drs Zulkarnain MT mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke 5 pelaksanaan UNBK. Untuk peserta UN SMKN 2 tahun ini sebanyak 878 siswa. Selain itu, ada 18 siswa dari SMK swasta. “Total peserta UNBK disini sebanyak 896 siswa,” ujarnya ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/1/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, tahun ini pihaknya menyediakan 299 komputer clien dan 12 komputer cadangan. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan genset 250 Mega Volt. “Persiapan kita menghadapi UNBK ini sudah matang. Insya Allah saat pelaksaan tidak ada kendala,” ucap Zulkarnain.

Untuk simulasi UNBK, Zulkarnain menuturkan, pihaknya sudah melaksanakan simulasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). “Siswa diajarkan cara membuka komputer, memasukan nama, serta cara mengerjakan soal. Jadi kita tidak melihat hasil penilaian jawaban siswa pada simulasi ini, tapi pada proses mengikuti UNBK sesuai prosedur,” tegasnya.

Zulkarnain mengungkapkan, SMKN 2 juga menjadi tempat pelaksaan UNBK sekolah lain. Tahun ini SMAN 21 Palembang sudah mengajukan peminjaman tempat untuk pelaksaan ujian. “Kita tidak meminta biaya apapun dengan sekolah yang ingin melaksanakan UNBK disini. Semua fasilitas yang kita berikan gratis,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =