Halasan Perkuat Operasi Prasama Udaya XVII

      Pontianak, jurnalsumarta.com – Kapal Perang Republik Indonesia Halasan 630, tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak untuk memperkuat Operasi Prasama Udaya XVII, kata Asops Danlantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Edi Haryanto.

“KRI 630 tersebut dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agung Saptoadi, yang tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Senin siang (11/12),” kata Edi Haryono di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, kedatangan kapal perang buatan anak bangsa ini disambut meriah oleh jajaran Lantamal XII Pontianak.

“Kapal buatan PT PAL oleh putra-putra terbaik bangsa Indonesia ini merupakan salah satu unsur Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Barat  atau biasa disingkat Satkat Koarmabar,” ungkapnya.

Menurut dia, kapal berjenis KCR 60-M itu didesain memiliki kemampuan olah gerak yang tinggi. Dimana kapal ini lincah dalam menempati posisi tembak dan mampu melaksanakan penghindaran dari pukulan balasan lawan.

“Kapal jenis ini juga telah lulus uji coba dalam sea trail serta memiliki ketahanan bernavigasi dalam segala cuaca, hingga sea state 6,” katanya.

Ia menambahkan, KRI Halasan 630 selama bersandar di Dermaga Dwikora Pontianak juga melakukan persiapan terutama mengisi bahan-bahan logistik. Kemudian kapal akan melakukan tugas dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia yang ada di wilayah Kalbar yang berbatasan dengan negara tetangga.

Dalam kesempatan tersebut Asops Danlantamal XII Pontianak beserta rombongan menyempatkan diri melakukan kunjungan di KRI Halasan 630 dan melakukan dialog bersama Komandan KRI Halasan 630 serta para perwira kapal.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Merflu KRI Halasan 630, Danyonmarhanlan XII Pontianak, para Kadis dan Kasatker beserta para prajurit Lantamal XII Pontianak.(anjas)

Leave a Reply