Harga Cabe Melambung Tinggi


Baturaja, jurnalsumatra.com – Kenaikan harga cabe yang melambung tinggi terasa lebih pedas darirasa cabe itu sendiri. Harga semula dikisaran Rp 50.000,-/ Kg kini tembus mencapai Rp 100.000,-/ Kg seperti yang disampaikan oleh  Hj. Mariah pedagang  cabe di pasar atas Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu.“sejak  habis lebaran harga cabe belum normal bahkan terus naik,” Kata Hj Mariah Selasa (25/6/2019).

Berdasarkan penjelasan Hj Mariah, kenaikan harga cabe merah keriting disebabkan oleh kelangkaan barang disejumlah pasar tradisional sehingga  kesulitan untuk memenuhi stok cabe merah keriting. “ untuk memenuhi pedrmintaan pasar  terpaksa kita mencari ke daerah Lampung dan pulau Jawa, dengan tambahan ongkos angkut tentnunya,” jelasnya.

Pantauan di salah satu pasar tradsional Baturaja, selain cabe merah keriting, sejumah barang lainya juga ikut mengalami kenaikan, meskipun tak terlu signifikan namun kenaikan ini cukup membuat pusing para ibu rumah tangga. 

Hasil pantauan pasar beberapa komoditas yang mengalami kenaikan diantaranya, Cabai merah besar yang semula dikisaran Rp 48,000,-/Kg kini menjadi Rp 60.000,-/Kg. cabai rawit naik menjadi Rp 50.000,-/Kg yang semula Rp 45.000,-/Kg dan Wortel semula Rp 7.000,-/Kg naik menjadi Rp 12.000,-/Kg. “kalau kenaikan barang-barang ini masih normal dan wajar,” Tukas Hj Mariah. (rad)