Harga Ikan Bahan Baku Pempek Turun

Palembang  jurnalsumatra.com РHarga ikan gabus giling bahan baku utama pempek makanan khas Palembang yang beberapa pekan terakhir melonjak hingga Rp75.000 per kilogram, kini mulai bergerak turun.

“Harga ikan gabus hari ini mulai turun yakni pada posisi Rp65.000/kg, namun harga tersebut masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan harga normal sekitar Rp45.000/kg,” kata pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi di Palembang, Selasa.

Turunnya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi pasokan ikan ke pasar tradisional tersbeut sedikit lebih banyak dari beberapa hari sebelumnya.

Pasokan ikan dari sejumlah daerah sekitar Palembang ke pasar ini diharapkan terus meningkat sehingga harganya bisa terus bergerak turun hingga pada posisi harga normal.

Tingginya harga ikan gabus akhir-akhir ini mengakibatkan menurunnya permintaan masyarakat yang berdampak pula terhadap penghasilan, katanya.

Menurut dia, penjualan ikan gabus dalam kondisi harga tinggi sekarang ini paling banyak 100 kg per hari, padahal jika dalam kondisi harga normal bisa mencapai 200 kg lebih.

Melihat kondisi cuaca masih sering hujan dan tingginya debit air sungai dan rawa di sejumlah daerah penghasil ikan gabus seperti Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir harga ikan gabus beberapa pekan ke depan belum bisa menyentuh harga normal.

Meskipun demikian, harga ikan gabus diprediksi tidak akan mengalami kenaikan lagi karena pasokan ikan selama ini cukup stabil dan mulai menunjukkan tanda-tanda meningkat, kata pedagang ikan itu pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − five =