Harnojoyo Himbau Kader Lingkungan Hadirkan Kemasyhuran Venezia Dari Timur

Palembang, jurnalsumatra.com – Walikota Palembang H Harnojoyo mengajak seluruh kader lingkungan dan warga untuk menghadirkan kembali kemasyhuran ‘Venezia dari Timur’, julukan yang pernah disematkan kepada Kota Palembang atas keindahan dan kelestarian sungainya. Ajakan tersebut diutarakan orang nomor satu di Kota Palembang ini usai mengukuhkan 540 kader lingkungan, Jumat (17/11/2017), di Kambang Iwak Family Park.

“Dahulu Palembang terkenal dengan sungainya yang lestari sehingga dijuluki Venezia dari Timur. Sungai Lais dan Sungai Baung itu bukan sekedar nama, namun dulu jenis ikan itu mudah didapat di sungai tersebut. Mari wujudkan kelestarian dan keindahan sungai dengan bersama-sama menjaga kebersihan, dimulai dari lingkungan di sekitar kita,” ujar Harnojoyo.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan, kader lingkungan mendapat tugas yang sangat mulia untuk menjaga lingkungan sebab hal tersebut merupakan amanah yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Oleh karena itu dirinya mengajak kader lingkungan untuk menjadi motor penggerak kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sebagai kota yang dikaruniai alam luar biasa, Palembang harus senantiasa dijaga kelestariannya untuk diwariskan kepada anak cucu. Kader lingkungan diingatkan untuk meningkatkan andil dan peran aktif dalam pelestarian lingkungan demi anak cucu.

“Jangan tinggalkan lingkungan yang rusak kepada anak cucu karena perilaku kita yang egois dan sembrono. Jadilah warga yang bertanggungjawab kepada anak cucu dengan mewariskan lingkungan yang sehat, nyaman, dan asri,” ujarnya.

Dilanjutkannya, Kota Palembang telah 11 kali berturut-turut menerima penghargaan Adipura. Prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak. Oleh karena itu H Harnojoyo mengajak seluruh kader lingkungan untuk bekerja keras melestarikan lingkungan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang H Faisal AR mengatakan, Palembang telah memiliki 6.043 kader lingkungan yang hendaknya dapat menjadi contoh serta motor penggerak dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dia berharap, program gotong royong yang telah dicontohkan Walikota Palembang H Harnojoyo agar mampu diaplikasikan para kader lingkungan di lingkungan sekitar rumah masing-masing.

“Lingkungan ini tempat kita lahir, tempat kita hidup, dan tempat kita nanti dikebumikan. Oleh karena itu menjaga lingkungan adalah tanggungjawab kita bersama,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan  Penghargaan Adiwiyata tingkat kota kepada 19 sekolah yaitu SDN 134, SDN 45, SDN 22, SDN 118, SDN 195, SD Palm Kids, SD Plus IGM,  SMPN 38, SMPN 31, SMPN 55, SMPN 53, SMP Fitra Abdi, SMP IT Al Furqon, SMAN 15, SMA IT Al Furqon,  SMA Srijaya Negara, SMA Muhammadiyah 6, SMA Fitra Abadi.(relis humas pemkot Palembang/amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 20 =