Harnojoyo Wacanakan Rumah Tahfidz Jadi Lembaga Pendidikan

Palembang, jurnalsumatra.com – Rumah Tahfidz adalah bagian dari sarana pendidikan yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah. Hal itulah yang mendasari Walikota Palembang, Harnojoyo yang berencana menyediakan anggaran khusus bagi Rumah Tahfidz di Kota Palembang.

“Kita sedang mencari formulasi terkait regulasinya. Dan itu jadi salah satu upaya kita dalam mencerdaskan generasi muda Kota Palembang melalui ajaran agama,” jelasnya usai kegiatan peresmian Rumah Tahfidz Asmaul Husna di Kelurahan 36 Ilir (Karang Anyar) Kecamatan Gandus Palembang, Sabtu (20/1/18).

Harnojoyo mengatakan, pihaknya mendorong adanya regulasi untuk memberikan anggaran khusus bagi Rumah Tahfidz seprti yayasan pendidikan, sosial atau masyarakat.

Karena, itu menjadi salah satu formulasi yang sedang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dalam mengucurkan bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang.

“Jika dia berbentuk yayasan sosial atau kemasyarakatan, maka bentuk bantuan yang diberikan berupa dana hibah. Dimana, konsekuensinya anggaran tersebut tidak bisa kita berikan setiap tahun,” imbuhnya.

Harnojoyo berharap, dengan keberadaan Rumah Tahfidz disetiap Kecamatan dan Kelurahan, akan mewujudkan mimpi Palembang EMAS Darussalam dapat diwujudkan Pemkot Palembang.

“Pendidikan agama harus menjadi dasar pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertanggung jawab. Jika perlu, Rumah Tahfidz menjadi lembaga pendidikan resmi seperti pendidikan formal pada umumnya,” harapnya.

Sementara itu, Pengasuh Rumah Tahfidz Asmaul Husna, Ustadz Kemas Muhammad Ali menyampaikan, keberadaan Rumah Tahfidz yang diresmikan Walikota Palembang hari ini, merupakan bagian dari keinginan para ulama Kota Palembang dalam memberikan pendidikan agama bagi warga sekitar.

“Tujuan kita membuka rumah tahfidz ini agar warga komplek dan disekitar Karang Anyar dapat memanfaatkannya untuk menimba ilmu agama,” sampainya.

Lebih lanjut disampaikannya, Rumah Tahfidz Asmaul Husna menyediakan tenaga pengajar, Ustad dan Ustazah yang akan membimbing siapapun yang ingin belajar ngaji.

“Disini kami buka secara gratis bagi siapa saja warga sekitar yang ingin belajar agama. Dan alhamdulillah hari ini Rumah Tahfidz dibuka langsung oleh Walikota Kota Palembang H. Harnojoyo,” tuturnya.

Ustadz Ali bersyukur dengan suport yang telah diberikan Walikota Palembang dalam mendirikan Rumah Tahfidz Asmaul Husna.

“Kedepan kita berharap rumah tahfidz mempunyai anggaran sendiri, seperti yang diharapkan juga Walikota Palembang. Sehingga sarana pendidikan Rumah Tahfidz terus meningkat,” tandasnya. (relis humas pemkot Palembang/amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 4 =