Hasil Rapat Pemkab Tak Larang Shalat Ied

Lahat, jurnalsumatra.com – Pemkab Lahat rencananya tidak akan melarang bagi masyarakat yang hendal melakukan shalat Idul Adha 1441 berjamaah tahun 2020 baik di Masjid maupun lapangan dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Shalat Ied tetap dilaksanakan, namun harus mengikuti protokol kesehatan. Sedangkan untuk takbir keliling ditiadakan,” ujar Bupati Lahat Cik Ujang SH saat rapat koordinasi bersama Forkompimda, tokoh agama dan instansi terkait lainnya.

Kepala Kementrian Agama Lahat Drs H Rusidi Djafar menambahkan bahwa pada saat pelaksanaan sholat idul adha nanti, akan dibuat pintu masuk menuju lokasi sholat Idul Adha. Kemudian jemaah harus melakukan protokol kesehatan seperti cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak.

“Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19 di lokasi yang rencananya di Lapangan Seganti Setungguan atau Lapangan Exs. MTQ Lahat,” ungkap Rusidi.

Sementara Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Chomizi ST M.Si menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Covid -19. Apalagi saat ini ada dua warga di Lahat yang terkonfirmasi positif.

“Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena pandemi covid19 sepertinya belum mencapai puncaknya dan masih ada penyebaran covid – 19,” kata Ketua DPRD Kabupaten Lahat. (Din)