HBZ Siapkan Strategi Untuk Sejahterakan Petani

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Rabu (28/2/2018) calon Bupati Lahat, H Bursah Zarnubi SE, melakukan panen raya bersama ratusan masyarakat, Kecamatan Kota Agung Lahat.

Dalam acara panen raya tersebut, ternyata pasangan  ini telah menyiapkan strategi untuk mensejahterahkan petani, jika dipercayakan masyarakat Kabupaten Lahat menjabat sebagai Bupati Lahat periode 2018 – 2023 di Pilkada nanti jika terpilih.

Ketua umum PGK ini mengungkapkan strategi untuk kesejateran petani di Kabupaten Lahat, yakni berupa pelatihan Usaha Kecil Menengah Masyarakat (UMKM).

“Dengan diadakannya pelatihan UMKM ini, dapat menjadikan para petani lebih sejahtera lagi kedepannya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan luas wilayah Kabupaten Lahat yang hampir 68 persen pertanian dan perkebunan ini, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pertanian. Sehingga dengan Visi dan Misi tersebut, mereka akan melakukan pelatihan serta bantuan bagi petani.

“Baik dari segi pemberian pupuk, bibit, langsung untuk modal bercocok tanam, juga akan mengucurkan program dan mengawal lansung bantuan pemerintah pusat dengan program pemerintah pusat swasembada pangan bagi daerah,” ungkapnya.

Untuk keuntungan dalam penjualan hasil panen, salah satu Visi Misi Paslon nomor urut 4 ini juga akan bentuk UMKM supaya dalam penjualan tidak ada lagi permainan pasar.

“Nah ini perlu sebab selama ini untuk penjualan hasil panen, petani ada yang mengalami kerugian, maka dari itu butuh modal untuk bentuk UMKM dengan pelatihan agar kemudian bisa bentuk kelompok bersama,” pungkasnya. Seraya menambahkan, petani di Kabupaten Lahat  tidak lagi ke koperasi nantinya akan disiapkan resi gudang dalam pengumpulan hasil panen agar harga jual dapat terkontrol langsung. (Din)

Leave a Reply