HD Apresiasi Program Indonesia Terang LPCI di Sumsel

Palembang – jurnalsumatra.com  –  Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI) terus melakukan sosialisasi program- programnya ke berbagai daerah di Indonesia. Jumat (12/10) misalnya LPCI melakukan  kunjungannya ke Pemprov Sumsel dan bertemu langsung dengan Gubernur Sumsel Herman Deru di Ruang Tamu Gubernur.

Tim LPCI ini dipimpin langsung Sekretaris Umum T. Iskandar didampingi Kepala Divisi Penyusunan Program LPCI Eko Yuliarto dan tim serta wakil ketua umum PEPCI Nazaruddin dan Ketua Asosiasi Gappenas Dede Koswara.  LPCI  ini sendiri diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, April 2018 lalu,

Tim LPCI selanjutnya memaparkan program kerjanya dalam mendukung program pemerintah yaitu Program Indonesia Terang, terdiri dari Elektrikfikasi Mandiri dan Infrastruktur Sipil. Sasaran program LPCI adalah Desa Tertinggal dan  Desa Sangat tertinggal, untuk tahap pertama sebanyak 20 desa di setiap kabupaten/kota. LPCI untuk saat ini berkonsentrasi pada CSR yang bersumber dari swasta multi nasional, Korea dengan KSA, juga sedang menjajaki dgn Republik Rakyat China dan Jepang.

LPCI ingin memberikan edukasi kepada pengusaha Swasta Nasional agar selanjutnya dapat mencontoh swasta Multi Nasional. Di negara  lain dana CSR menjadi salah satu pendukung pembangunan serta penanganan fakir miskin. Di masa yang akan datang LPCI akan menawarkan kerjasama pengelolaan Dana CSR Swasta Nasional yang beroperasi di Pemprov Sumsel sebagai program provinsi. Ke depan Pemprov akan menjadi leading  sekaligus sebagai regulator dan LPCI sebagai eksekutor nya.

Sekarang ini lanjutnya proses Indonesia Teran dalam tahap sosialisasi & perencanaan. Program ini sudah berjalan pada 13 provinsi di seluruh indonesia, termasuk Sumsel.

“Target tahap pertama untuk tahun 2018 akan dilaksanakan pada 15 sampai 20 provinsi. Sumsel adalah provinsi ke 13 yang sedang kita sosialisasi,” tambahnya lagi.

Dalam pelaksanaannya, LPCI biasanya akan bekerjasama dengan asosiasi antara Pepci (Perkumpulan Pengelola CSR Indonesia).

Sedangkan Kortindo sendiri diharapkan akan mendatangkan investor ke masing-masing provinsi di Indonesia sesuai dengan kebutuhan provinsi masing-masing.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru, yang menghadiri langsung audiensi tersebut mengaku sangat menyambut baik program Indonesia Terang yang tengah digalakka oleh LPCI. Dengan program ini diharapkan pemerataan penerangan akan makin cepat di Sumsel.

“Kita tentu apresiasi sekali dengan program ini. Karena ini juga membantu dan memudahka tugas Pemda memberikan fasilitas penerangan kepada masyarakat,” tutupnya.(rellis/akbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + six =