Husni Thamrin-Supartijo Terancam Gugur Dalam Pilkada

BANYUASIN, SUMSEL, jurnalsumatra.com – Calon Perseorangan Husni Thamrin-Supartijo terancam gugur dalam pilkada Banyuasin. Hal ini dikarenakan kurangnya dukungan KTP sebagai syarat dalam calon independent dalam Pilkada serentak 2018.

 Ketua KPU Banyuasin, Dahri menegaskan,  berdasarkan hasil verifikasi faktual diseluruh PPK  dukungan pasangan perseorangan Buya Husni Thmrin-Supartijo kurang 6.464 dukungan.Pasalnya, dukungan yang ada hanya memenuhi syarat sebanyak 40.752, dari dukungan awal 46.749. Sebab dukungan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 5.990. Sedangkan syarat jumlah dukungan menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin minimal 43.984 dukungan,  artinya terjadi  kekurangan dukungan sebanyak 3.232. Terhadap pasangan dari jalur independen ini.

“Adanya kekurangan dukungan tersebut,  pasangan Buya-Supartijo dikenakan sanksi dari kekurangan 3.232 dukungan dikalikan 2 menjadi 6.464 dukungan atau lebih dari jumlah itu, agar lolos dari syarat yang sudah ditetapkan KPU Banyuasin,”terang Dahri.

Hal itu terungkap setelah KPU Banyuasin menggelar rapat plono terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan pasangan perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati banyuasin 2018 di KPU Banyuasin, Sabtu (30/12/2017).

Adanya kekurangan itu,tambah Dahri  pasangan Bakal Calon Perseorangan tersebut harus melengkapi kekurangan dukungan selambat-lambatnya pada 18-20 Januari 2018.

Lanjut Dahri,  akan dilakukan ferivikasi faktual kembali, pada 2 Februari penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, baik calon perseorangan maupun calon yang diusung Parpol.

“Akan tetapi sebelum itu sesuai tahapan Pilkada Banyuasin mulai 1-7 Januari 2018, kami akan mengumumkan pembukaan penerimaan pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan penyerahan berkas pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin pada 8-10 Januari 2018,”katanya.

Hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU Banyuasin tersebut, Adenan Abdul Somad yang merupakan Tim Penghubung dari pasangan perseorangan Buya-Supartijo,  menangapinya atas kekurangan dukungan tersebut.

Menurutnya, untuk  menutupi kekurangan dukungan tersebut, pihaknya telah menyiapkan sepuluh ribu dukungan.

“Kami  telah menyiapkan 10 ribu dukungan, dan merasa  optimis Bakal Calon Perseorangan Buya-Supartijo lolos sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Banyuasin 2018 nanti,”katanya.(Bio/Lubis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + four =