HUT Provinsi Sumsel Banyak Dewan tak Hadir


Palembang, jurnalsumatra.com – Perayaan hari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ke 73 tahun, berlangsung tidak terlalu meriah. Faktor pelaksanaan yang bertepatan dengan bulan suci kemungkinan jadi penyebabnya.

Kendati banyak pejabat yang hadir sejumlah kabupaten di wilayah Sumsel. Sayangnya, justru tuan rumah enggan hadir dalam acara tersebut. Tuan rumah dimaksud yang pada anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Banyak anggapan ketidakhadiran itu diduga disebabkan tidak terpilihnya lagi mereka pada periode 2019-2024.

Kendati demikian hal ini ditepis Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Gantada. “Inikan rapat istimewa jadi walaupun tidak korum masih tetap terlaksana acaranya.”kata Gantada, Rabu (15/5/2019).

Pantauan di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sumatera Selatan pada acara tersebut. Hanya terlihat para dewan yang kembali terpilih saja yang hadir. Seperti Askweni dari PKS, Ike Mayasari, Yansuri, Giri Ramanda, Chairul Saleh Matdia. Sementara yang lainnya tak nampak, seperti peringatan hari jadi Provinsi Sumsel tahun lalu.

Kata Gantada, mereka yang tidak hadir juga kemungkinan disebabkan oleh faktor bulan puasa. Sebagian mereka yang tidak hadir juga sudah izin, walaupun ada juga yang tidak izin.

Gantada membantah ketidakhadiran para dewan disebabkan karena mereka tidak lagi terpilih. “Ah tidaklah, ada kok yang tidak lagi terpilih tapi hadir.”ujarnya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru, memaklumi ketidakhadiran para anggota dewan.” Kita tahu kerena kan para anggota dewan ini tidak semuanya tinggal di Palembang. Apalagi kondisi bulan puasa, dan juga inikan rapat istimewa.”tambah Deru.

Wakil Ketua II DPRD Sumsel, Yansuri pun demikian. Menurut dia, hak tersebut bisa dimaklumi, karena menurutnya perayaan hari jadi ini sifatnya rapat istimewa.”Ya kita maklumi saja.”tandasnya.(DONI)