IAIN Batusangkar Perkenalkan Kegiatan Unggulan

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Kampus II IAIN Batusangkar, Kamis (28/11/2019). Sebagai Fakultas yang unggul dalam kajian keilmuan dakwah yang berbasis riset dan tekhnologi dalam pendidikan dan pembelajaran di IAIN Batusangkar. Dalam menjadikan fakultas yang terinterkonektif dengan kearifan lokal di kampus berbasis Akreditasi, dengan tujuan akhir menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, tangguh, mampu bersaing dan menciptakan lapangan kerja baru.

Hal ini diungkapkan Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar Dr. Adripen, M.Pd. dalam pergelaran “FUAD FAIR II” dengan mengambil tema “Kuatkan Karakter Bangsa Melalui Integritas yang Terinterkonektif dengan Kearifan Lokal, selama tiga hari, kamis/sabtu-28/30 November 2019.

Lebih lanjut Adripen mengatakan FUAD FAIR II ini merupakan kemasan, pembungkus dan kemasan dari berbagai aktifitas-aktifitas kegiatan pada masing-masing jurusan yang ada pada FUAD yakni Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, Komunikasi Penyiaran Islam, Pemikiran Politik Islam, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Pengembangan Masyarkat Islam dan Jurusan Psikologi Islam.

Kegiatan FUAD FAIR II mengabungkan kegiatan-kegiatan yang ada pada masing-masing jurusan yang ada di FAUD. Sehingga akan menjadi tiga tujuan utama dalam ajang FUAD FAIR II ini, antara lain, pertama Integritas ajang menumbuhkan, meningktakan, megembangkan aktifitas, produktivitas pada masing-masing jurusan, sehingga FUAD FAIR ini bisa di harapkan dari tahun-ketahun bisa meningktakan produktivitas pada masing-masing jiwa mahasiswa terkhusus pada Fakultas ini, 

Kedua dari FUAD FAIR ini, sebagai wadah membangun kerjasama dengan berbagi instansi pemerintah maupun swasta yang ada di Kab. Tanah Datar, sehingga menjadikan kegiatan ini semakin di kenal di tengah-tengah masyarakat, ketiga bagai mana menjadikan FUAD FAIR ini, ajang promosi jurusan –jurusan yang ada di FUAD dan IAIN Batusangkar sehingga  minat masyarakat akan tumbuh dan tinggi untuk menuntut ilmu di IAIN Batusangkar, “tutur Adripen”

“Dalam ajang FUAD FAIR II ini begagai kegiatan dan perombaan yang akan di laksakan selama tiga hari berturut ini antara lain, Lomba Tahfidz, Lomba Mewarnai, Psikologi CUP, Lomba Karangan, Gebyar Psikologi, Festival Malamang dan Lomba Melamang”

Dan berbagai kegiatan yang di kemas dalam menumbuhkan kreativitas pada mahasiswa FUAD seprti, Politik Islam EXPO, Workshop Kepolisian, Lomba Fotografi, Bazar Kuliner, ICD EXSPO dan Seminar Anti Narkoba.”tutup Adripen”

Sementara itu Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Si menyampaikan dalam bahwa keguatan ini, bisa menumbuhkan semangat aktifitas-aktifitas mahasiswa IAIN Batusangkar terutama di FUAD ini. Sehingga kegiatan ini bisa menjalin, menggagas kemampuan dari mahasiswa FUAD itu sendiri, sehingga bagai mana semua jurusan yang ada di FUAD IAIN Batusangkar bisa tersosialisasikan kepada masyarakat.

Lebih lanjut marjoni mengatakan keguatan yang luar bisa bagian dari perguruan tinggi yang Integratif dan Interkonektif dalam keilmua, bereputasi Global dan tidak meninggalkan kearifan lokal, ini tidak bisa terlepas dari kegiatan-kegiatan lainya, kegiatan-kegiatan tingkat nasional, perlombaan, seminar dan kajian-kajian keilmua, ini semua adalah memperkenalkan IAIN Batusangkar di tengah-tengah Masyarkat, “tutup marjoni”(Myt)