IAIN Kendari 2017 Terbitkan Lima Buku Ilmiah

     Kendari, jurnalsumatra.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), selama 2017 telah menerbitkan lima judul buku karya para dosen setempat.
Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Kendari, Asliah Zainal, di Kendari, Selasa, mengatakan, penulisan buku menjadi program prioritas lembaga ini yang bertujuan mensosialisasikan hasil penelitian dosen serta memperkuat otoritas keilmuan mereka.
“IAIN Kendari terus berupaya menghasilkan karya yang bermanfaat dan menjadi referensi keilmuan bagi dunia pendidikan maupun masyarakat luas, salah satunya dengan menerbitkan buku hasil pengkajian dan penelitian para dosen,” katanya.
Dikatakan, lima judul buku karya dosen IAIN Kendari telah berhasil diterbitkan selama 2017 adalah Perbankan Berbasis Nilai dan Etika Karya Dr Husain Insawan, MAg, Praktik Hukum Umar Ibn Al-Khattab dan peluang Implementasinya di Negara Hukum Indonesia Karya Dr Hj St Halimang, M.H.I, “Maqashid Kesehatan dan Etika Medis dalam Islam” karya Dr Ashadi L Diab MHum.
Kemudian “Genealogi Bahasa Arab Perkembangannya Sebagai Bahasa Standar” karya Dr Imelda Wahyuni, M.Pd.I dan “Menjaga Adat, menguatkan Agama (Katoba dan Identitas Muslim Muna)” karya Dr. Asliah Zainal, M.A.

“Sangat disayangkan jika hasil penelitian, ide dan pemikiran kalangan intelektual di IAIN Kendari hanya dapat diakses secara terbatas di lingkup IAIN Kendari, dengan penerbitan buku ini harapan kami pemikiran para dosen akan memberikan manfaat yang lebih luas bagi dunia pendidikan,” kata Asliah.
Dengan terbitnya buku-buku tersebut, kata dia, akan memberikan motivasi para dosen semakin giat menulis dan mempublikasikan buku-buku mereka.
“LP2M menargetkan penulisan buku tahun ini meningkat signifikan dan akan memfasilitasi penerbitan buku dengan mengalokasikan anggaran dari DIPA IAIN Kendari,” katanya.
Sebelumnya, LP2M telah melaksanakan kegiatan penulisan buku serta menyediakan jasa reviewer untuk kelayakan penulisan buku. Selain itu untuk mempermudah proses penerbitan, LP2M juga menjalin kerjasama dengan penerbit Deepublish Yogyakarta, salah satu penerbit bereputasi di Indonesia.
Buku-buku karya dosen IAIN Kendari ini dapat diperoleh pada beberapa toko online antara lain lazada, tokopedia dan sebagainya. Sedangkan untuk pasar primer, LP2M juga akan menjalin kerjasama dengan toko buku seperti Gramedia dan beberapa toko buku lokal.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + three =