Identitas Nelayan NTT Ditemukan Bangkai KM Rangga

     Kupang, jurnalsumatra.com – Identitas dua nelayan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ditemukan di atas bangkai Kapal Motor Rangga Pratama-7 yang ditemukan nelayan pole and line di sekitar Pulau Kaledupa, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (4/7).
Kepala Seksi Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan NTT Saleh Goro, dikonfirmasi, di Kupang, Jumat, mengaku baru menerima laporan mengenai temuan identitas nelayan asal NTT di atas bangkai kapal tersebut.
“Saya baru mendapat kabar pada Kamis (5/7) malam bahwa ada bangkai kapal yang ditemukan di Pulau Kaledupa dan di atas kapal ada identitas berupa kartu tanda penduduk (KTP) milik dua nelayan NTT,” katanya lagi.
Dia menyatakan, telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan mendapat laporan sementara bahwa kapal tersebut ditemukan sekitar karang Kaledupa oleh nelayan pole and line asal Pulau Kaledupa pada hari Rabu (4/7) sekitar pukul 07.15 WITA.

Kapal tersebut sudah ditarik oleh nelayan dan petugas UPTD Perikanan Pulau Kaledupa dan sudah berada di pantai, namun belum dibalik karena berat, katanya pula.
Kapal ikan dengan nomor Selar Ambon/GT.29 No 750 Oa, ditemukan dalam kondisi terbalik, terapung di sekitar Pulau Kaledupa, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Menurut dia, identitas dua nelayan itu adalah Anderias Bulu beralamat di Gollu Sapi RT 004 RW 002 Desa Loko Ry, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat.
Satu lagi bernama Raben Saingu Wela, beralamat di Karendi RT 010 RW 005 Desa Susu Wendewa, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah. Keduanya berasal dari Pulau Sumba.
Saat ini, pihaknya masih terus berkoordinasi untuk mengetahui lebih rinci pemilik kapal ikan tersebut, sekaligus nasib para ABK yang berada dalam kapal tersebut.
“Informasi sementara, dalam kapal tersebut ada 15 orang anak buah kapal (ABK), tetapi berapa persis nelayan asal NTT belum jelas,” katanya menambahkan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 14 =