Imigrasi Kepulauan Sangihe Amankan Dua Warga Filipina

     Sangihe, jurnalsumatra.com – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, James Sembel mengatakan  telah mengamankan dua warga Filipina yang tidak memiliki dokumen resmi.
“Kami telah mengamankan dua warga Filipina berinisial MA dan WA, karena tidak memiliki dokumen yang sah,” kata James Sembel di Tahuna, Jumat.
Dua warga Filipina  ditemukan sedang berada di kecamatan Tabukan Selatan Tengah.
“Warga Filipina  ditemukan berada di wilayah Kabupaten Sangihe tepatnya di pulau Beeng Darat Kecamatan Tabukan Selatan Tengah tanpa memiliki dokumen yang sah,” kata dia.

Dia mengatakan berdasarkan informasi masyarakat, dua warga Filipina ini sudah berada di Kabupaten Sangihe sejak tahun 2015 dan masuk melalui jalur tidak resmi.
“Dua warga Filipina ini datang ke Indonesia datang secara tidak resmi sudah tiga tahun dengan alasan mencari pekerjaan,” kata dia.
Kantor Imigrasi Tahuna sudah menginformasikan keberadaan dua warga Filipina tanpa dokumen kepada Konsulat Jendral (Konjen) Filipina yang ada di Manado.
Konjen Filipina yang ada di Manado membenarkan dua orang yang diamankan kantor Imigrasi Tahuna adalah warga negara Filipina,” kata dia.
Saat ini kata dia, dua warga negara Filipina tersebut sedang ditempatkan  di ruang Detensi  Imigrasi Tahuna.
“Sebelum dideportasi ke negara asal, dua warga  Filipina ini ditempatkan di ruang Detensi Imigrasi Tahuna,” kata dia. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − five =