Imigrasi Tahuna: Delapan Warga Filipina Belum Dipulangkan

     Sangihe, jurnalsumatra.com – Kepala Kantor Imigrasi Tahuna, Sulawesi Utara, James Sembel mengungkapkan sampai saat ini masih ada delapan orang warga Filipina yang belum dipulangkan ke negara asal.
“Delapan orang tersebut saat ini masih ditahan di rumah Deteksi Manado sambil menunggu proses administrasi pemulangan yang sementara dilengkapi,” kata James di Tahuna, Senin.
Kantor Imigrasi Manado, kata dia, pekan lalu sudah berhasil memulangkan 31 orang nelayan asal Filipina melalui pelabuhan Bitung.
“Ke-31 nelayan warga Filipina telah dipulangkan melalui pelabuhan Bitung menggunakan kapal perang negara Filipina pada Jumat pekan lalu,” kata dia.
Warga negara Filipina yang ditahan pemerintah Indonesia berprofesi sebagai nelayan, mereka ditemukan sedang melakukan pencurian ikan di perairan Sulawesi Utara.

     “Semua warga negara Filipina yang ditahan Kantor Imigrasi, berprofesi sebagai nelayan yang ditemukan mencuri ikan di perairan Indonesia,” kata jelasnya.
Dia berharap dalam waktu dekat ini dokumen pemulangan bisa dilengkapi sehingga delapan warga negara Filipina segera  dipulangkan ke-negara asal.
“Kami berharap dokumen yang sementara diurus segera dilengkapi supaya mereka segera dipulangkan ke negara asal melalui Bandar udara Samratulangi Manado,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − one =