Indonesia Berupaya Perkuat Kepemimpinan Dalam KSST

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah terus berupaya memperkuat kepemimpinan Indonesia dalam Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST), kata Direktur Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri, Mohammad Syarif Alatas.
Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam Seminar Nasional bertajuk “Strengthening Indonesia’s Leadership through South-South Triangular Cooperation” di Yogyakarta, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.
“Penguatan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam KSS akan terus menjadi prioritas Indonesia. KSS merupakan komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan global dan pembangunan dunia,” ujar Mohammad Syarif Alatas, selaku Ketua Pelaksana Tim Koordinasi Nasional KSS Indonesia.

Menurut Syarif, seminar itu merupakan bagian dari rangkaian “roadshow” dalam rangka peningkatan pemahaman masyarakat terhadap program Kerja Sama Selatan-Selatan Indonesia.
Sebelumnya, seminar serupa telah dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni di Universitas Indonesia, Jakarta; Universitas Padjajaran, Bandung; dan Universitas Brawijaya, Malang.
Seminar mengenai kiprah Indonesia dalam KSST juga bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran gagasan dan pengalaman antarpemangku kepentingan, seperti kalangan akademisi, para pelaku usaha dan kelompok masyarakat madani, untuk lebih memajukan peran Indonesia dalam kerangka Kerja sama Selatan-Selatan (KSS).
Syarif mengatakan bahwa KSS merupakan isu penting tidak hanya bagi negara dan pemerintah, namun juga bagi banyak pihak non-negara, seperti pihak swasta, lembaga swadaya masyarakat, hingga mahasiswa dan para akademisi sebagai perwakilan dari individu dalam isu Kerja Sama Selatan-Selatan.
“Hal itu karena KSS bukan hanya akan memberikan dampak positif dari segi hubungan antar negara, namun juga menawarkan peluang kerja sama dalam konteks ‘people-to-people contact’,” ucapnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =