Ingin Bayar Pajak, Hubungi No Ini

Kayuagung, jurnalsumatra.com –  Kepolisian Republik Indonesia Resort Ogan Komering Ilir (OKI) kini telah menerapkan system pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara Online, sealin itu dalam lounching tersebut Polres juga telah memprogramkan “Samsat Besanjo”.

Kendati baru diterapkan dalam wilayah Kecamatan Kayuagung, Program ‘Samsat Besanjo’ diharapkan mampu memberikan manfaat besar sehingga para wajib pajak semakin mudah melakukan pembayaran pajak kendaraan mereka.

Dalam program Samsat Bersanjo ini, wajib pajak yang tidak bisa datang ke Kantor Samsat untuk membayar pajak, bisa menghubungi pihak samsat OKI di nomor 081369725959. Kemudian petugas samsat akan mendatangi rumah wajib pajak untuk mengurus pembayaran pajak kendaraannya.

“Jadi hari ini dilaunching dua program yaitu Samsat Bersanjo dan SIM online. Untuk Samsat Bersanjo, sementara ini baru di Kecamatan Kayuagung,” ungkap Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto SH MH usai melaunching program di Samsat OKI, Senin (15/1/2018)

“Memang baru di Kayuagung saja, karena OKI ini sangat luas. Dan mudah-mudahan bisa segera dikembangkan dan bisa ke dalam-dalam (pelosok),” sambungnya.

Prinsip program ini sendiri, menurut Kapolres, memiliki prinsip ‘kami datang, kami ambil, kemudian kami antarkan kembali’. Dengan ini juga diharapkan agar Polri lebih dekat dengan masyarakat.

Terkait program SIM online, tambah Kapolres, hal ini merupakan program dari Dirlantas Polri. “Jadi kalau ada yang ingin memperpanjang atau pembuatan SIM, KTP manapun bisa membuat atau memperpanjang SIM di setiap tempat pembuatan SIM,” ujarnya seraya menjelaskan KTP yang digunakan harus KTP elektronik.

Jadi, lanjutnya, online ini tetap harus datang ke tempat pembuatan SIM, tapi bisa di manapun. “Jadi tidak lagi mempersulit masyarakat. Ketika SIM nya habis bisa datang ke kantor polisi terdekat,” pungkasnya. (ata)

Leave a Reply