Instiper Tuan Rumah Seminar Nasional Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Institut Pertanian Stiper atau Instipar Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Nasional yang diselenggarakan Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) tingkat nasional.

  “Seminar Nasional dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Nasional (LKMPN) ini merupakan wadah pengaderan organisasi mahasiswa pertanian Indonesia. Tahun ini, Instiper Yogyakarta berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional tersebut,” kata Humas Instiper Yogyakarta Betti Yuniasih di Instiper Yogyakarta, Senin

  Menurut dia, terdapat dua kegiatan utama dalam LKMPN 2019, yaitu stadium general dan talkshow interaktif di Grha Instiper pada Senin, serta kegiatan pelatihan kepemimpinan yang diikuti 300 mahasiswa jurusan pertanian se-Indonesia di Wisma Duta Wacana UKDW Kaliurang pada 8-11 Oktober 2019.

  Kegiatan pelatihan tersebut dengan tema Ciptakan Kreatifitas Wawasan Intelektual sebagai Penerus Generasi Milenial (Cakrawala Essensial).

  Sementara itu, Ketua Panitia LKMPN Wahyu Fatur mengatakan, kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi antara mahasiswa pertanian se-Indonesia serta membentuk dan menyiapkan SDM yang siap menyongsong perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat dan membangun nilai-nilai kepemimpinan.

  Dia mengatakan, pemateri dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan diantaranya pengamat politik, pejabat Badan Pengawas DKI Jakarta, perwakilan mahasiswa BEM UGM, koordinator Petani Indonesia Lampung, anggota DPR RI, pengusaha ternama dan beberapa pemateri untuk berbagi ilmu dengan peserta LKMPN.

  “Peserta LKMPN juga akan mengikuti studi lapangan sebagai kegiatan penutup dan kegiatan api unggun,” katanya.

  Acara LKMPN pada Senin siang dibuka Rektor Instiper Yogyakarta Harsawardana yang dilanjutkan dengan kegiatan stadium general, dan dilaksanakan talkshow dengan tema Upaya Mewujudkan Kedaulatan Pangan sebagai Lumbung Pangan Dunia di Tahun 2045 oleh Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri.

  Sedangkan Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Instiper Yogyakarta Tri Nugroho mengatakan mahasiswa peserta LKMPN termasuk mahasiswa perguruan tingginya dapat memperoleh manfaat dan ilmu pengetahuan serta bisa mengimplementasikan nantinya.

  “Saya harap semua peserta mahasiswa jurusan pertanian khususnya mahasiswa Instiper yang ingin menjadi anggota senat bisa memetik serta mengembangkan ilmu dari pemateri pelatihan kepemimpinan dan bisa menjadi pemimpin yang kaya akan wawasan intelektual,” katanya.(anjas)