IRT Kena Todong, Setelah Dikasih Uang Malah Minta Lebih

Kayuagung, Jurnalsumatra.com – Peristiwa yang tidak mengenakkan menimpa YFS (40) Ibu Rumah Tangga (IRT), Dsn. I Ds. Labuhan Jaya Kecamatan Mesuji Makmur  Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, karena saat dalam perjalanan pulang ke rumahnya dirinya diberhentikan oleh enam pelaku penodongan.

Menurut informasi yang didapat, Kamis 19 April 2018 sekira Jam. 23.00 WIB korban dari palembang dengan menumpang Mobil Trevel dan turun di Blok B Ds. Surya Adi Kec. Mesuji Kab. OKI dan dijemput oleh anak korban An. Stanilaus Aldi Biarawantoro Bin Thomas Widiono, 17 Thn, Pelajar SMK I Mesuji, dengan menggendarai Kendaraan Yamaha Jupiter MX warna Hijau No Pol BE-3647-QP dan temannya Yogi Wahyu Saputra yang menggendarai sepeda motor Honda Scopy warna coklat setelah itu korban menuju ke Ds.Labuhan Jaya Kec. Mesuji Makmur.

Namun di Jalan Poros PT. Aek Tarum korban dipepet dan diberhentikan oleh 6 (enam) pelaku yang menggendarai sepeda motor Yamaha Vega, Honda Beat putih, Yamaha Jupiter MX setelah korban berhenti pelaku meminta uang kepada korban dan korban memberikan uang sebesar Rp. 5.000 (lima ribu rupiah) namun pelaku yang lain meminta lebih dan merampas tas milik korban yang disandangkan oleh korban.

Saat itu karena korban diancam dengan sajam dilehernya oleh pelaku lalu pelaku meminta emas namun korban tidak ada emas.

“Saat itu,  salah satu saksi An. Yogi Wahyu Saputra yang merupakan teman dari anak korban sempat melarikan diri dengan membawa sepeda motornya lalu ke 4 (empat) pelaku mengejar namun saksi merasa korban tertinggal dan memutar arah sepeda motornya dan ditabrak oleh sepeda motor pelaku, salah satu pelaku menembakkan senjata apinya namun tidak meletus setelah itu pelaku meninggalkan korban kearah lintas Ds. Surya Adi kec. Mesuji Kab. OKI,” Jelas Kapolres OKI AKBP Ade Harianto.

Atas kejadian tersebut, korban menggalami kerugian 1 (satu) unit Hp Nokia Type 216 warna hitam yang didalam kontak tersebut ada Pin ATM BRI, 1 (satu) buah Buku tabungan Koperasi Abdi Dalam, 1 (satu) Buah ATM.BRI An. Tomas Widiono yg berisi uang sebesar Rp. 28.500.000, 1 (satu) buah KTP An. Yohana Fransiska Surti.

Merasa dirugikan, korban melaporkan ke Polsek Mesuji dengan laporan  LP/ B-12/ IV / 2018 /Sumsel / Res OKI / Sek. Mesuji tgl 21 April 2018.

Setelah mendapat laporan pihak kepolisian sektor Mesuji melakukan kroscek dengan pihak Bank BRI Cab.Surya Adi Kec. Mesuji Kab. OKI, setelah dilakukan pengecekan ternyata uang pada rekening korban telah berkurang karena telah diambil oleh tersangka sebesar  Rp. 5.000,000 (lima juta rupiah), penarikan melalui ATM BRI Cabang Simpang Pematang Kab. Mesuji Lampung sedangkan uang sebesar Rp. 23.500.000 diambil pelaku melalui Briling BRI milik Edu Alex Candra Mala .Kemudian Kapolsek Mesuji bersama anggota Polsek Mesuji menuju ke Bank BRI dan Link BRI Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung dari hasil rekaman CCTV diketahui kalau pelaku Mat Hasan Als Guluk dan Yodi Oktaranda  Als Awi.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, membenarkan dua dari enam tersangka telah ditangkap, menurutnya kedua tersangkanya masih muda yakni Mat Hasan Als Guluk Bin Yusni, (16), Pengganguran, Ds. 4 Ds. Pematang Panggang Kec. Mesuji Kab. OKI, dan Yodi Oktaranda Als Awi Bin Ahmad Harison, (18), Siswa SMA N 1 Mesuji Kls 2, Dsn. II Ds. Pagar Dewa Kec. Mesuji Kab. OKI.

Kronologis Penangkapan

Sabtu tgl 21 April 2018  pelaku Mat Hasan Als guluk Bin Yusni ditangkap pada saat melintas diJalintim Ds. Pematang Panggang Kec. Mesuji Kab. OKI pelaku ditangkap tidak melakukan perlawanan dan hasil dari introgasi tsk Mat Hasan Als Guluk bahwa pelaku Yodi Oktaranda Als Awi berada di Ds. Dabuk Rejo Kec. Lempuing Kab. OKI.

Lalu dari hasil tersebut pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap pelaku Yodi Oktaranda Als Awi Bin Ahmad Harison Kemudian Tsk dan BB diamankan dipolsek Mesuji Kab. OKI utk dilakukan pemeriksaan.

BB yang diamankan dari pelaku Yodi Oktaranda Als Awi Bin Ahmad Harisin sbb:

  1. 1(satu) unit sepeda motor Honda Beat warna putih No pol: BE-1405- YM alat pelaku yang digunakan milik pelaku Yodi Oktaranda Als Awi
  2. 1 (satu) Buah Baju Kaos warna hitam Merk American Jeans milik pelaku Yodi Oktaranda Als Awi baju yang dipakai pada saat melakukan kejahatan
  3. 1(satu) buah Sandal sepatu Merk Comses warna Hitam merah, 1 (satu) buah baju maos warna putih Merk Bombboogie, 1 (satu) buah baju kemeja kotak-kotak warna merah /hitam, 1 (satu) buah celana levis merk Wrangleer warna Biru Barang tsb  hasil dari kejahatan.
  4. Uang Sebesar Rp.2.350.000  sisa dari hasil kejahatan disita dari Yodi Oktaranda Als Awi

Sedangkan BB yang disita dari pelaku  Mat Hasan Als Guluk Bin Yusmin sbb:

  1. 1 (satu) buah kalung emas seberat 2, 4 gram seharga Rp. 870.000 dari Toko emas Karunia Indah Simpang Pematang Kab. Mesuji Lampung.
  2. Sisa uang dari kejahatan sebesar Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah)
  3. 1 (satu) buah celana levis merk Wiscer warna biru hasil dari kejahatan.(ATA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 14 =