Ishak Mekki Atasi Pungli dengan Sistem Online

jurnalsumatra,sumsel,palembang
Cagub Sumsel, H. Ishak Mekki foto bersama dengan kru Kompas TV seusai syuting untuk acara ‘Sapa Sumbagsel’ baru-baru ini

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumsel Nomor Urut 3, H. Ishak Mekki menyatakan, salah satu cara untuk menganulir kebocoran anggaran dan Pungli dengan mewujudkan pemerintahan yang berbasis elektronik atau diistilahkan sebagai e-government. Dengan sistem ini, tentu saja transparansi dan efisiensi anggaran dapat terjamin.

“Tentu saja, cita-cita mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi dapat berjalan sebagaimana harapan kita semua,” demikian Cagub Ishak Mekki di salah satu bagian dialognya dengan Kompas TV saat syuting dalam rangka acara ‘Sapa Sumbagsel’.

Acara yang bakal ditayangkan dalam waktu dekat ini memuat materi berbagai program unggulan yang bakal dilaksanakan oleh Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel jika kelak memimpin daerah ini ke depan.

Paslon Nomor Urut 3, dalam hal ini Cagub, Ishak Mekki kepada TV tersebut mengungkap berbagai  program unggulan untuk Sumsel yang lebih baik dan berujung kepada kesejahteraan masyarakat. Mengawali tugas-tugas ke depan, kata Ishak, harus dimulai dengan pemerintahan yang bersih yang berbasis elektronik (IT) atau dengan istilah e-government.

“Selain azaz transparansi dan efisiensi, sistem ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan cepat kepada masyarakat. Selain itu apa pun yang menajadi keluhan masyarakat dapat kita tampung secara langsung selama 24 jam,” kata mantan Bupati OKI dua periode ini serius.

Menjawab, Presenter Kompas TV, Shinta, bagaimana upaya mewujudkan e-government tersebut, Cagub yang disusung Partai Demokrat, PBB dan PPP ini menerangkan bahwa salah satu kelebihan yang dimiliki pasangannya Yudha Mahuddin, adalah kemampuannya dalam bidang teknologi informatika (IT).

“Pasangan saya, Yudha adalah anak muda yang pakar IT. Dengan kemampuannya tersebut saya yakin sistem pemerintahan yang berbasis IT sebagaimana yang kita bahas ini dapat terwujud,” jelas Ketua DPD Partai Demokrat ini yakin.

Dialog yang berlagsung santai tetapi serius itu juga mengupas berbagai program unggulan lainnya yang diusung Paslon Ishak – Yudha seperti pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan dalam kurun waktu satu tahun sejak awal pemerintahannya kelak, pemberian pinjaman modal bagi UMKM sebesar Rp 10 juta untuk 10.000 UMKM per-tahun, revitalisasi pertanian, tataniaga karet dan sawit rakyat.

Selain itu, Ishak juga menjelaskan, bahwa program sekolah dan berobat gratis tetap dipertahankan bahkan akan disempurnakan, sehingga apa yang disebut gratis itu memang betul-betul gratis tanpa pungutan.

“Dan yang tak kalah pentingnya untuk kemajuan masyarakat Sumsel ke depan, kami akan membangun jaringan internet melalui pesangan wi-fi secara gratis hingga ke pelosok desa,” pungkas penggagas jalan TOL Kayuagung – Palembang dan Palembang – Indralaya ini optimis.(her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =