Ishak–Yudha Jawab Tantangan Zaman

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dipilihnya Yudha Mahyuddin sebagai caon Wakil Gubernur (Cawagub) untuk mendampingi Ishak Mekki mendapat respon dari berbagai kalangan. Ishak Mekki dianggap cerdas dalam memilih pasangan yang berasal dari kalangan muda.

Peneliti Utama dari LIPI, Prof.Dr. Siti Zuhro mengungkapkan, bahwa memang sudah trend saat ini menuju generasi milenial. Hal tersebut karena jumlahnya yang sangat siginfikan.

“Bukan hanya signifikan jumlahnya, namun generasi milenial juga bisa diandalkan untuk memenangkan Pilkada,” ujar Siti Zuhro saat dihubungi Ahad (7/1/2018).

Dia mengatakan, bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi bonus demografi, maka itu peran kaum muda tidak bisa dinafikkan. Apalagi dalam dunia media sosial, kaum muda sangat menguasai dan berpengaruh.

“Dengan demikian, diharapkan dengan menggandeng calon Wakil Gubernur yang muda maka akan mendapat simpati dan dukungan dari orang muda,” imbuhnya.

Sebagaimana telah disiarkan sebelumnya, Calon Gubernur (Cagub) Sumsel, H. Ishak Mekki telah memutuskan memilih tokoh pemuda, H. Yudha Pratomo Mahyuddin sebagai pasangannya untuk berduet di Pilgub 2018 ini.

Menjawab mengapa memilih anak mantan Gubernur Sumsel, Pof.Dr.dr. Mahyuddin sebagai Cawagub Ishak Mekki, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Sumsel, H. Muchendi Mahzarekki menjelaskan, Sumsel saat ini memiliki beragam potensi dan berbagai problem. Untuk menjamahnya, perlu sentuhan dan support yang lebih dinamis dan modern.

“Nah, hal ini pula kita pastikan bisa didapatkan dari sosok Yudha Mahyuddin ini. Dia muda, berpendidikan tinggi (S.3), konsultan, akademisi serta pegiat teknologi informasi. Dengan background pengusaha muda dan organisatoris, tentu saja dia memiliki pengalaman dan kemampuan memecahkan masalah dengan solusi gaya baru dan dinamis,” kata Muchendi.

Muchendi menambahkan, jika digabungkan dengan kemampuan sosok Ishak Mekki sebagai birokrat senior dengan pengalaman lapangan yang tinggi, maka pasangan ini memiliki kombinasi yang pas untuk melanjutkan Sumsel yang lebih baik.

Elektabilitas Ishak Mekki Tertinggi

Sementara itu data terakhir yang diperoleh awak media mengenai elektabilitas Cagub, maka sosok Ishak Mekki memiliki angka tertinggi di antara Cagub lain yang akan maju di Pilkada Sumsel 2018. Hal ini sebagaimana tercermin dalam hasil survei yang dirilis Indonesia Network Election Survei (INES).

Dalam survei itu, tingkat elektabilitas Ishak Mekki mencapai 24,7 persen, disusul Herman Deru 17,8 persen, Dodi Reza 12,5 pesen, dan Syahrial Oesman 7,6 persen. Sementara itu tingkat popularitas, Ishak Mekki menduduki angkat 85,20 persen, Herman Deru 73,8 persen, Syahrial Oesman 78,3 persen, Dodi Reza Alex 70,9 persen, Aswari Rifai 67,4 persen.

“Sebanyak 17,80 persen responden tidak memilih,” ujar Direktur Eksekutif INES Widodo Tri Setianto dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Survei ini mengunakan metode survei jajak pendapat dengan melibatkan 1667 warga sumatera selatan dari total populasi DPT Sumsel sebanyak 6 juta, yang pada bulan Juni 2018 memiliki hak pilih. Penentuan jumlah responden sebanyak 1667 mengunakan Metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen dan pada Margin of Error plus minus 2,4 persen.(relis/heriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =