Ishak–Yudha, Menuju Sumsel Lebih Baik

jurnalsumatra,sumsel,palembang
ISHAK –YUDHA. Pasangan Cagub dan Cawagub Sumsel, Ishak Mekki dan Yudha Mahyuddin (Ishak – Yudha). Mengusung jargon ‘Sumsel Lebih Baik dan Lebih Gemilang’.

PALEMBANG, jurnalsumatra.com –Jargon pasangan ini – “Menuju Sumsel Lebih Baik dan Makin Gemilang”  tampaknya tak sekedar slogan semata. Banyak variable yang mendukung tagline pasangan ini. Dari sisi SDM, kedua tokoh ini dirasa telah cukup untuk saling melengkapi.

Tokoh Ishak Mekki merupakan birokrat dan politisi senior yang telah malang melintang menduduki berbagai jabatan birokrasi di jajaran Pemerintahan Sumsel. Dia pernah menjabat sebagai kepala seksi, kepala bidang, kepala dinas di kabupaten dan provinsi, bupati dua periode dan sekarang sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel. Sebagai politisi, Ishak Mekki juga tercatat sebagai Ketua Partai, yakni Partai Demokrat Sumsel.

Sementara pasangannya, Yudha Mahyuddin (38), adalah sosok anak muda dengan jenjang pendidikan yang cukup tinggi yakni Doktor (Ph.D). Selain sebagai akademisi, Yudha Mahyuddin juga dikenal sebagai seorang organisatoris, konsultan dan pegiat teknologi informasi.

Tentu saja kehadiran Yudha, bagi Ishak dapat saling melengkapi. Dan ini diakui oleh Ishak Mekki.

“Pasangan kami adalah pasangan yang pas karena dapat saling melengkapi. Ada yang tua dan ada yang muda. Meski masih muda, pasangan saya ini, Yudha, ilmunya cukup tinggi,” kata Ishak Mekki pada deklarasi pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Cawagub Sumsel, Ishak Mekki – Yudha Mahyuddin di Ishak – Yudha Command Centre (IYCC) Jalan Basuki Rahmat, Palembang, Selasa (9/1/2018).

Langkah Ishak menggandeng Yudha Mahyuddin ini dipandang sebagai langkah yang cerdas. Dari semua kandidat yang ada, pasangan ini lebih komplet dan serasi. Secara filosofi, kombinasi antara tua dan muda ini diharapkan dapat bersinergis dalam melakukan terobosan bagi kesejahteraan masyrakat.

Selanjutnya, Ishak Mekki yang berasal dari suku Komering (OKI) berpadupadan dengan Yudha yang berasal dari keluarga Kikim (basemah), tentu saja menjadi modal dalam menjaring pemilih nantinya. Modal pengalaman yang dimiliki Ishak Mekki sebagai Bupati OKI dua periode, semakin memperjelas arah kemenangan dalam Pilgub ini.

Rektor Taman Siswa, Joko Siswanto menyebutkan, kombinasi yang ada di pasangan ini, Ishak – Yudha, diharapkan mampu menjawab tantang zaman.

Menurutnya, masyarakat yang saat ini tengah berada di era digital selalu ingin tahu dalam berbagai hal kehidupan. “Tentu saja Yudha harus mampu menjawabnya termasuk mewujudkan e-government,” kata Joko.

Hal senada juga diungkapkan Pengamat Senior LIPI, Siti Zuhro, bahwa potensi kaum muda tak dapat diabaikan dalam proses Pilkada kali ini.

Menurutnya saat ini Indonesia sedang menghadapi bonus demografi. Tentu saja peran orang muda yang jumlahnya signifikan ini tak bisa dinafikkan.

“Apalagi perannya di dunia Medsos yang dapat memengaruhi opini kawula jaman now, membuat orang muda diperhitungkan secara politik,” tutur Zuhro.

Dia menambahkan, dengan menggandeng orang muda hampir dipastikan kaum muda akan bersimpati, yang pada akhirnya memilih pasangan ini.(adv/yanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =